Babinsa dan Puskesmas Tempeh Berkolaborasi dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk di Desa Kaliwungu

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat, Babinsa Kaliwungu Koramil 0821/10 Tempeh Serma Agus Rozak, turut serta melaksanakan pendampingan terhadap kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di wilayahnya. Kolaborasi ini terwujud melalui pendampingan kegiatan Puskesmas Tempeh, dalam pelaksanaan pengasapan atau fooging di Dusun Krajan dan Dusun Karangsari, Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Rabu (3/4/2024).

Kegiatan fooging merupakan langkah proaktif dalam meminimalisir penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah dan penyakit lainnya. Tim gabungan dari Babinsa dan Puskesmas Tempeh turun ke lapangan untuk melakukan pengasapan secara menyeluruh, dengan harapan dapat mengurangi populasi nyamuk dan mencegah penularan penyakit kepada masyarakat.

“Pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan pengasapan atau fooging ini, untuk membunuh nyamuk dewasa sebagai langkah memutus mata rantai nyamuk untuk berkembang biak, selain itu kami imbau masyarakat menjaga kebersihan dengan menerapkan 3 M, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur tempat-tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk,” kata Serma Agus Rozak.

Sementara itu, Nindia Putri AMD.KL, yang memimpin Tim dari Puskesmas Tempeh, menyatakan pentingnya kerjasama antara TNI dan instansi kesehatan dalam menjaga kesehatan masyarakat.

“Kami berterima kasih atas pendampingan yang diberikan oleh Babinsa dalam kegiatan ini. Sinergi antara TNI Koramil dan Puskesmas Tempeh sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi masyarakat,” ujarnya Nidia singkat.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat di wilayah Kaliwungu. Babinsa dan Puskesmas Tempeh berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk dan peningkatan kesehatan lingkungan. Sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi seluruh masyarakat. (fjr)

See also  Terapkan Pendekatan Proaktif, Babinsa Wotgalih dalam Memantau Kegiatan Pengunjung Pantai Mbah Drajit Wotgalih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *