Babinsa Buwek, Aktif Laksanakan Pendampingan Posyandu di Wilayah 

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Upaya pemantauan kesehatan warga Balita, Babinsa Buwek Koramil 0821/07 Randuagung Serda Hendry Pranajaya, melaksanakan pendampingan Posyandu bertempat di Polindes, Dusun Stasiun RT 007 RW 003 Desa Buwek Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (6/10/23).

Kegiatan Posyandu yang dilaksanakan dinas kesehatan, sebagai upaya pemeliharaan kesehatan dasar yang di selenggarakan kader-kader dilingkungan, untuk masyarakat yang di bantu oleh Petugas Kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Hendry Pranajaya mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan monitoring Posyandu, sebagai upaya mengetahui masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah baik tentang kesehatan balita, serta pemantauan angka stunting di wilayah.

“Dengan meningkatkan peran serta Masyarakat, untuk untuk mengetahui tumbuh kembang kesehatan Balita dan ibu hamil, untuk itu, Posyandu merupakan salah satu wadah masyarakat dilingkungan, sebagai tujuan memantau perkembangan kesehatan warga Balita di wilayah binaan,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, sebanyak 20 Balita yang mendapatkan pelayanan kesehatan, pemberian vitamin dan makanan tambahan secara gratis.

Sementara itu Bidan Desa Wica, Amd, Keb. mengatakan, bahwa kegiatan Posyandu, bukan hanya pelayanan kesehatan saja, disamping itu, sebagai bentuk mengetahui validasi data Balita yang ada di wilayah.

“Wujud peran serta warga masyarakat yang memiliki Balita, untuk rutin datang ke Posyandu yang ada di lingkungan, sehingga kami selaku bidan desa, sangat terbantu dengan kesadaran warga dapat memanfaatkan Posyandu,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *