Antisipasi DBD Jelang Musim Hujan, TNI dan Aparatur di Lumajang Dampingi Fogging

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Guna mengantisipasi terjadinya wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjelang musim hujan, Babinsa Kelurahan Citrodiwangsan Koramil 0821/01 Lumajang bersama aparatur pemerintah mendampingi pelaksanaan fogging di RT 002 RW 020 Kelurahan Citrodiwangsan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (25/11/2023).

Di sela kegiatan, Babinsa Kelurahan Citrodiwangsan, Serda Hari Suyono menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aygepti.

Hari juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, agar Nyamuk Aedes Aygepti tidak dapat berkembang biak .

“Fogging merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi perkembangbiakan Nyamuk Aedes Aygepti, dan tentunya harus disertai kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, sehingga perkembangbiakan nyamuk tersebut benar-benar dapat diminimalisir,” ujarnya.

Sementara itu Plt Lurah Citrodiwangsan, Oke Suprihatmanko, S.A.P. mengatakan, bahwa kegiatan serupa akan terus dilakukan secara merata di seluruh wilayah Kelurahan Citrodiwangsan.

Dia berharap, masyarakat dapat selalu membudayakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, menjaga kebersihan lingkungan serta selalu melakukan langkah (3M) menguras, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas dan tidak bisa didaur ulang yang berpotensi dijadikan tempat berkembangnya nyamuk.

“Kita akan lakukan kegiatan ini secara merata di seluruh wilayah sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran DBD. Kita juga berharap, agar masyarakat selalu melakukan hidup sehat dan peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga kasus DBD dapat kita hindari,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *