Akulah Gembala yang Baik

Berita241 Views

Fakfak Papua Barat Harianmerdekapost.com – Ketua I Majelis Daerah GPdI Provinsi Papua Barat Pdt.Pieter E Maniburi.STh.M.Pd (MD) saat ditemui Wartawan usai Ibadah Raya Minggu mengatakan Melantik Gembala Jemaat GPdI Bukit Saitun Distrik Tomage Kabupaten Fakfak Papua Barat Pdt.Matheus Muskita Minggu ( 28/4)

Selaku Ketua I Majelis Daerah (MD) GPdI Provinsi Papua Barat melantik Sdr.Pdt Matheus Muskita sebagai gembala GPdI Distrik Bomberai Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat.

Dalam acara tersebut dihadiri beberapa unsur MD diantaranya, Pdt.Pieter E Maniburi.STh.M.Pd selaku Ketua I MD GPdI Papua Barat, Pdt.NY.Marice Fakdawer selaku Ketua KD Pelwap GPdI Papua Barat,Pdt Ny Yohana Buat.S.Th selaku Sekretaris II , Pdt. Ibu Lenna Tiranda selaku Ketua Bidang Pendidikan, Pdt Ibu Linda Elias selaku Anggota Bidang Pendidikan,Ketua Wilayah X GPdI Fakfak, Pdt.Clarce Bonsafia-Fakdawer dan Sekretaris Wilayah X Fakfak Pdt.Hans.Selain kehadiran unsur Majelis Daerah, nampak juga hadir jemaat-jemaat dan Majelis jemaat gereja setempat yang antusias ingin menyaksikan secara langsung acara pelantikan ini.

Acara diawali kebaktian dipandu oleh Pdt Ibu Linda Elias selaku Anggota Bidang Pendidikan,dan dibuka dalam doa oleh Pdt.Clarce Bonsafia-Fakdawer ibadah berlangsung penuh sukacita dan sangat memberkati. Pada sesie penyampaian Firman Tuhan, firman Tuhan disampaikan oleh Pdt.Pieter E Maniburi.STh.M.Pd

mengutip ayat dalam Lukas 5:6. Dalam uraianya Pdt.Pieter E Maniburi.STh.M.Pd
menekankan bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan butuh proses, dan Tuhan sedang memproses gerejaNya, tentu diproses untuk kepentingan Tuhan sendiri dan juga untuk kepentingan kita manusia. supaya kita bisa melihat kuasa Tuhan .

Pada sesie persiapan pelantikan.Pdt.Pieter E Maniburi.STh.M.Pd membacakan berita acara pelantikan. Menjelaskan bahwa berdasarkan rapat pleno di Manokwari Papua Barat, MD GPdI memutuskan untuk segera melantik Sdr.Pdt Matheus.Muskita sebagai gembala GPdI Jemaat Bukit Zaitun Distrik Tomage Yang tertuang dalam surat keputusan (SK) dan ditanda tangani oleh ketua Pdt.Pieter E Maniburi.STh.M.Pd se

Selanjutnya Pdt (Biro Organisasi) memandu pembacaan ikrar kesetiaan, dan dilanjutkan Majelis Daerah mendoakan dan melantik Sdr.Pdt.Gembala Matius Muskita sebagai gembala dan sekaligus menyerahkan SK pelantikan penggembalaan tersebut.

Dalam sambutannya mewakili MD menyampaikan pesan kepada gembala yang baru dilantik untuk tetap menjaga keutuhan pelayanan dan keutuhan organisasi serta menjaga hubungan terhadap sesama pelayan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Gembala Pdt.Matius Muskita menyampaikan terima kasih kepada Majelis Daerah. “Kami sangat bersyukur dengan ditetapkannya saya sebagai gembala, maka saya sampaikan kepada majelis daerah, semoga pelayanan saya ditempat ini kedepan akan terus maju dan berkembang “. Jelasnya.

Gembala.Pdt Clarce-Bonsafia menyatakan, “Puji Tuhan, saya bersyukur bahwa saat-saat ini ada banyak jiwa-jiwa yang datang beribadah bersama digereja ini, semua karena kemurahan Tuhan”. Dan dalam sambutannya juga hamba Tuhan yang baru dilantik ini mengucapkan terima kasih kepada Majelis Daerah, “Saya berterima kasih atas pelantikan ini, semoga saya dapat menjaga dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya”, ungkapnya.

Ibadah minggi ditutup dalam doa oleh Pdt. ketua Majelis Wilayah,Bapak Singir dan dilanjutkan foto bersama dan berjabat tangan.

Gembala pada umumnya sudah dikenal sebagai penjaga domba domba dan yang memperhatikan kehidupandomba-dombanya agar tetap sehat dan hidup dengan baik dalam satu kawanan.

Gembala itu bertugas untuk selalu menuntun domba-dombanya untuk mencari makanan dan yang selalu menjaga mereka menjadi satu kawanan. Itu ciri khas dari domba yakni selalu hidup dalam satu kawanan dengan satu gembala yang sudah dikenal.

Suara gembala sudah dikenal dengan baik sehingga mereka tahu setiap suara gembala yang keluar itu pasti memiliki makna tersendiri, entah untuk makan atau minum atau harus pulang ke kandang atau ada bahaya dan seterusnya. Itulah seorang gembala.

Yesus itu pulalah yang telah mengirimkan Roh Kudus ke atas para rasulNya agar mereka mampu bersaksi tentang Yesus. Dan dalam bacaan kedua, Yohanes dalam surat pertamana menuliskan secara mendalam tentang kasih karunia Allah yang telah dianugerahkan kepada kita sehingga kita disebut anak-anak Allah.

Dan kita adalah anak-anak Allah yang telah dimeteraikan dalam darah Anak Domba yang akan dinyatakan kemuliaanNya pada saat Dia akan menyatakan diriNya kelak dalam kerajaanNya.

(Amatus.Rahakbauw.K).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *