Upaya Cegah Banjir, Babinsa Tempursari Bersama Warga Bersihkan Sungai Tiri

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Dalam upaya pencegahan terhadap bahaya banjir, Babinsa Tempursari Koramil 0821/18 Tempursari Serda Ade Dian, bersama masyarakat melaksanakan pembersihan tumpukan sampah yang menghambat aliran air sungai Tiri, di Dusun Krajan RT 001 RW 002 Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan pembersihan di aliran sungai sepanjang 200 meter tersebut, merupakan langkah antisipasi bersama warga, untuk membantu Pemerintah Daerah dalam upaya pencegahan terhadap bencana banjir.

Dalam keterangannya di lapangan, Serda Ade Dian mengatakan, bahwa kegiatan pembersihan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi serta pencegahan dalam memasuki musim penghujan.

“Upaya kami bersama masyarakat, melakukan upaya antisipasi terhadap bahaya banjir yang disebabkan sungai Tiri termasuk sungai yang rawan banjir bawaan, Oleh karena itu, dengan kegiatan pembersihan tumpukan sampah di sungai ini dapat meminimalkan kemungkinan tidak terjadi banjir,” kata dia.

Selain itu, di waktu yang sama disampaikan Kepala Dusun Krajan Sujatmiko, bahwasanya kegiatan ini perlu kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai juga sangat dibutuhkan. Sehingga, apabila sungai terbebas dari sampah, air dapat mengalir dengan lancar.

“Melalui kegiatan gotong royong, harapannya mampu meningkatkan kebersamaan antara TNI bersama masyarakat, untuk bersinergi peduli terhadap kebersihan lingkungan, serta berkoordinasi dengan baik, dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, sehingga kendala apapun yang ada di wilayah dapat teratasi secara maksimal,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *