Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -78 Tanggal 17 Agustus 2023 Di Kabupaten Fakfak

Harianmerdekapost.com Fakfak Papua Barat – Komandan Kodim (Dandim) 1803/Fakfak Letkol Inf Tri Handoko Wicaksono beserta jajaran menghadiri Upacara peringatan HUT RI Ke-78, tanggal 17 Agustus 2023, Bertempat di Stadion 16 November Kab. Fakfak Jln. Brawijaya Kel. fakfak utara Distrik Fakfak, Kab. Fakfak Provinsi Papua Barat, Kamis (17/08/2023)

Bertindak sebagai Irup Untung Tamsil, S. Sos., M. Si (Bupati Fakfak) Komandan Up Lettu Inf. Angga. R (Dan tim Intel Rem 182/JO) Pa Up Letda Inf. Triana Dharma (Pasi Pers Dim 1803/Fakfak), Komandan Paskibraka Lettu Chk Mahesa, pengibar Bendera Merah Putih :
1. Marselia theresia krispul
2. Jenalidi Ka’u
3. Abdil Albais Woretma

Adapun susunan pasukan dalam pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 diantaranya 1 SST anggota Kodim 1803/fakfak, 2 SST polres fakfak, 1 SST Satpol PP fakfak, 1 SST komcad kab fakfak, 1 SST korpri, 1 SST satpol, 1 SST mahasiswa, 1 SST ormas pemuda panca marga, 1 SST ormas FKKPI, 9 SST siswa/siswi pelajar SD, SMP dan SMA Kabupaten Fakfak.

Dalam rangkaian pelaksanaan upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Bupati Kab Fakfak Membacakan Amanat Presiden RI dan Tambahan Pidato Kenegaraan dari Bupati Kabupaten Fakfak yang menyampaikan, Pada kesempatan yang baik ini, setelah Saya membacakan Pidato Presiden RI. Ijinkan Saya manambahkan Sambutan dalam mempertegas Thema Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-78 kali ini, yang tadinya sudah sama-sama kita dengarkan yaitu “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dimana Thema ini merefleksikan optimisme dan semangat kita di daerah untuk terus bangkit melanjutkan perjuangan pembangunan yang berkolaborasi bersama dalam memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju dan Fakfak Tersenyum dan Tentunya tujuan pembangunan yang termuat di dalam Agenda Fakfak Tersenyum merupakan harapan yang besar untuk menuju masyarakat Kabupaten Fakfak yang lebih cerdas, sehat dan religius, sebagaimana menjadi bagian dari Visi Misi Pembangunan Kabupaten Fakfak yang kita kenal dengan FAKFAK TERSENYUM (Fakfak Yang Terdepan, Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Mandiri) atau sering kita kenal di dalam Brand Fakfak Cerdas, Sehat dan Religius serta beberapa Brand lainnya dalam memacu pembangunan di Kabupaten Fakfak.

Perlu kita sadari pula, bahwa masih banyak tantangan dan tanggungjawab kita untuk terus berjuang melawan kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan serta ketertinggalan ilmu dan teknologi. Bahkan perang terhadap penyalahgunaan narkoba dan kerusakan akhlak moralitas yang merasuki setiap lini kehidupan terus kita kendalikan.

Di saat ini pula, kita sedang mengalami isu persoalan daerah yang juga menjadi isu Nasional seperti Tingginya angka Stunting, Kemiskinan Ekstrim, Inflasi Daerah dan persoalan pelayanan dasar pendidikan serta ancaman krisis pangan yang menghantui masyarakat global.

Persoalan Stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan Gizi Kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan pertumbuhan anak yang berada di bawah standar Hal ini, tidak menjadi persoalan di masa sekarang saja, Melainkan menyangkut masa depan Anak- anak kita, Generasi Fakfak. Mereka lah masa depan kita.

Persoalan kemiskinan Ekstrim sebagai suatu kondisi di mana kesejahteraan masyarakat berada di bawah garis kemiskinan yang segera kita ambil langkah percepatan secara tepat sasaran melalui strategi kebijakan meliputi pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat, dan penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan di daerah.

Persoalan Inflasi Daerah, dengan terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi dan tidak seimbang dalam waktu yang berkepanjangan, sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerah. Demikian pula masalah kemampuan literasi baca tulis Anak-anak kita yang masih sangat rendah.Untuk itu, beberapa persoalan yang kita hadapi ini, membutuhkan komitmen yang kuat dari kita semua. Tidak hanya komitmen di tingkat pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten. Namun Komitmen dari Pemerintah Kampung dan Masyarakat seluruhnya untuk serius secara bersama-sama melakukan percepatan penurunan isu daerah yang sedang terjadi.

Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi, kerja berbagai pihak menjadi kunci untuk memastikan konvergensi antar program dan kegiatan hingga ke berbagai tingkatan, Mulai dari kota hingga ke kampung- kampung dapat berjalan yang membutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah, Distrik, Kampung. Akademisi, Media, Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan Mitra Pembangunan.

Mari kita bekerja dan maju bersama-sama menjadi Garda Terdepan dalam menuntaskan persoalan isu daerah ini. Tanpa adanya aksi nyata, Kerja Nyata dan Kerjasama kita semua, Mustahil niat baik ini dapat terwujud.

Dalam Kesempatan yang baik ini pula Saya Selaku Bupati Fakfak menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas seluruh pelaksanaan Rangkaian Kegiatan HUT RI Ke-78 yang telah dilakukan sejak memasuki Bulan Agustus Tahun 2023 baik yang dilaksanakan di tingkat kabupaten hingga ke tingkat distrik dan kampung.

Tentu hal ini menjadi bagian dari Antusias dan semangat kita bersama dari seluruh Masyarakat di Kabupaten Fakfak. Hal ini pula menandakan semakin optimis kita untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan di daerah dan Salah Satu Bentuk kegiatan yang Saya Canangkan di Hari Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 ini dan akan menjadi Momentum untuk dilaksanakan setiap Tanggal 15 Agustus adalah “Kegiatan Gebyar Merah Putih”.

Hal ini menjadi penting untuk ditetapkan mengingat Sejarah Panjang Kota Fakfak dalam proses pembentukan Kabupaten Fakfak hingga disebut sebagai Kota Tua, Kota Sejarah Perjuangan dan Kota Pala Fakfak. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa meridhoi dan mempermudah bangsa Indonesia dan Upaya Kita Semua, dalam meraih Indonesia Maju dan Fakfak Tersenyum yang kita cita-citakan bersama. Akhirnya Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Masyarakat Fakfak dari Karas Pulau Tiga Tanjung Besi sampai Wamosan Tanah Rata.”Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78. Demikian yang disampaikan Terimakasih atas seluruh dukungan dan kerjasamanya.

Turut ikut dalam kegiatan tersebut Kol. Inf Hartono, SIP., M.M (Danrem 182/JO), Yohana Dina Hindom, S.E., MM (Wakil Bupati Fakfak), AKBP Hendriyana, SE. MH.(Kapolres Kab. Fakfak), Drs. Arif rumagesan MAP (Asisten I Setda), Drs. Ali baham temomerng, M.T P (Sekda Kab. Fakfak), Ali hindom S.Pd (Ketua FKUB), Mayor Marinir Yudi Gupala (Danlanal Fakfak), Muhammad labiru, S. I P., M. S i (Kepala dinas pendidikan), Yani Pieter Latuheru,S.Sos, (Kepala LPP RRI Fakfak), Baharudin lahadalia S.Sos., M. Si (Kepala Dinas PU), Abu Thalib Iribaram (Anggota DPRD kabupaten Fakfak), Doni margono S H (Wakil Ketua pengadilan negeri Fakfak), muhamamad sopalatu (Ketua pengadilan agama), Siti Rahma Hagemur, ST., MM (Ketua DPRD Kab. Fakfak), Samaun Hegemur, SE (Wakil ketua DPRD kabupaten fakfak), DR. Drs. Muhammad Uswanas, M. Si (mantan bupati Fakfak), Nikson Nikolaus Nilla Mahuse, SH, MH (Kepala kejaksaan negeri kabupaten Fakfak), Fabianus valentinus kabes (ketua LMA Kabupaten Fakfak), Perwira dari polres Fakfak, Pimpinan OPD kabupaten Fakfak, Perwira Kajari Kab Fakfak, Perwira kodim 1803/Fakfak, ASN kab Fakfak dan Masyarakat kab Fakfak.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *