Tingkatkan Kemampuan Kedisiplinan, TNI Koramil Padang Latih Baris Berbaris Kepada Saka Wira Kartika

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan kedisiplinan anggota Pramuka, sekaligus membina fisik dan mental dengan menumbuhkan semangat dalam meningkatkan kekompakan dan jiwa korsa, sebagai bekal baik individu maupun kelompok.

Hal tersebut disampaikan Bati Tuud Koramil 0821/20 Padang Peltu Eko Budianto, saat melaksanakan pembinaan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), kepada 37 orang anggota Saka Wira Kartika, bertempat di halaman Ma Koramil Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (22/9/2023).

Kegiatan latihan baris berbaris tersebut dilaksanakan, merupakan salah satu manfaat utama dari baris berbaris adalah pembangunan disiplin. Dalam baris berbaris, setiap individu harus mengikuti instruksi dengan tepat waktu dan mengikuti tata tertib yang ditetapkan.

“Disiplin dalam hal ini, dapat membantu melatih gerakan tubuh secara teratur, sehingga memberikan latihan fisik yang bermanfaat, serta dapat mengontrol emosi, dan mengikuti perintah dengan patuh, profesionalisme sekaligus mempertajam kemampuan perorangan, memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran,” kata dia.

Selain itu, dari aspek kebersamaan dan disiplin, baris berbaris juga Aktivitas ini melibatkan Mengikuti irama dan pola gerakan dalam baris berbaris membantu meningkatkan koordinasi, kelenturan, dan kekuatan otot.

“Tujuan utama dari latihan baris berbaris itu sendiri, sebagai wujud menumbuhkan kedisiplinan, kebersamaan, dan kesatuan. Selain memberikan keindahan dan keharmonisan gerakan, baris berbaris juga memiliki manfaat yang signifikan dalam mengembangkan disiplin perorangan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *