Tertahan Permasalahan Hukum, Kegiatan SPOEL 2024 Kembali di Gagas

Harianmerdekapost.com, Lumajang Jatim – Menghidupkan kembali Project Inisiative yang prosesnya sedang dalam penanganan APH Kejaksaan Negeri Lumajang; SPOEL 2020, dana kegiatan senilai 1.8 Milyar yang dikorupsi oleh stake holder terkait antara lain Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang dan seterusnya. Sementara sampai hari ini tidak ada satu tersangkapun yang ditahan ataupun ditangkap. Sungguh sebuah dilema dan contoh perilaku aparatur sebuah negara yang berlandaskan hukum dan berdasarkan Pancasila serta UUD 1945.

Dirilis dari blog pribadi Ery Abdul Nasir Pelupessy pada, Selasa (24/10/2023) menjelaskan bahwa sebagai Koordinator Kegiatan (Sedjoeta Pisang Oentoek Loemadjang) SPOEL 2024, Ery Pelupessy. L.iC yang didampingi Asisten Operasi Fajar Firdianto mengatakan gagasan yang mendasari Project (Sedjoeta Pisang Oentoek Loemadjang) SPOEL 2024 adalah:

– Menghidupkan kembali warisan kuliner Lumajang dengan kreasi menu berbahan dasar pisang

– Mendorong pariwisata lokal dengan menggelar festival pisang Lumajang tahunan

– Membangun ekonomi kreatif berbasis pisang: peluang bisnis di bidang kuliner dan industri

– Pengembangan teknologi pengolahan pisang untuk menciptakan produk inovatif dan bernilai tinggi

– Pendidikan dan pelatihan pengelolaan kebun pisang untuk petani Lumajang

– Mendukung pengembangan perkebunan pisang organik dan ramah lingkungan di Lumajang

– Kerjasama antar daerah dalam memasarkan dan mempromosikan potensi pisang Lumajang

– Mengembangkan variabel desa wisata:

a. mengubah desa pisang Lumajang menjadi destinasi wisata edukasi dan agrowisata

b Melakukan penelitian dan pengembangan terkait manfaat kesehatan dan gizi dari pisang Lumajang, dan

c. Menggali kearifan lokal yang ada di Kabupaten Lumajang dalam tata pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya komoditas pisang untuk menciptakan penekanan yang kuat terhadap gagasan gagasan yang membangun kapabilitas produk khas daerah Kabupaten Lumajang.

“Kami tetap akan maju terus walaupun pendanaan dan dukungan pemerintah, terutama pemerintah Kabupaten Lumajang tidak mau perduli terhadap nasib para petani pisang di Lumajang, beberapa proposal giat sudah kami kirimkan ke negara negara ASEAN dan negara negara 6ang berada dalam koordinasi lintas diplomatik dengan Indonesia. Tentunya juga sepengetahuan Gubernur dan Presiden Republik Indonesia, surat tembusan pemberitahuan kami akan layangkan”, ucap Ery Pelupessy.

Demi mendorong terciptanya booming/ viralnya keunggulan pariwisata lokal diantaranya melalui festival pisang Lumajang;

“Dalam mencanakan dan mempersiapkan festival, kami telah menentukan tujuan, tema, lokasi, dan tanggal penyelenggaraan festival pisang”, pungkas Asisten Operasi SPOEL 2024 Fajar.

“Dalam beberapa minggu ke depan kami akan membuat anggaran dan menyusun tim yang akan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan festival Pisang Lumajang, sementara koordinasi dengan pemerintah lokal diantaranya adalah terkait pengajuan izin dan dukungan baik moriil maupun materiil dari Pemerintah Kabupaten Lumajang terkait penyelenggaraan festival diharapkan dapat bersambut seiring dengan gegap gempitanya dukungan masyarakat”.

Senada dengan yang disampaikan oleh koleganya, Organizing Comitee SPOEL2024, Farid Rahman Hermansyah, SE mempertegas bahwa keterlibatan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam hal ini menjadi sangat penting untuk keberhasilan acara serta keamanan dan kelancaran jalannya festival.

“Bahwa kolaborasi dengan pelaku usaha dan komunitas lokal adalah sebuah momentum dilibatkannya para pelaku usaha, petani, komunitas, dan organisasi terkait yang berbasis di Kabupaten Lumajang dalam penyelenggaraan festival. Ini akan membantu meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat lokal terhadap festival”.

Menurut Farid bahwa kegiatan kegiatan yang diadakan dalam festival ini akan menjadi titik balik lompatan lebar terhadap pengembangan pariwisata yang berbasis pengetahuan dan ensiklopedi penelitian terutama komoditas pisang.

“Kami telah merancang berbagai kegiatan menarik yang dapat menarik wisatawan, seperti lomba masak pisang, pameran produk berbasis pisang, pertunjukan budaya lokal, dan kegiatan edukasi tentang pisang dan perkebunan pisang, dimana dalam promosi dan pemasaran, kami gunakan media sosial, media cetak, dan media elektronik untuk mempromosikan festival kepada target wisatawan lokal, regional, dan bahkan internasional”.

“Menjalin kerja sama dengan agen perjalanan, hotel, dan restoran lokal untuk menawarkan paket wisata khusus festival pisang”.

“Untuk meunggulkan kearifan lokal: kami perkenalkan dan promosikan budaya, sejarah, dan kearifan lokal Kabupaten Lumajang dalam festival, tentunya hal ini akan membuat festival pisang menjadi lebih unik dan menarik bagi para wisatawan”

“Untuk evaluasi dan pengembangan, Setelah pelaksanaan festival, kami bersama dengan seluruh stake holder terkait akan melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan acara dan masukan untuk peningkatan kualitas pada penyelenggaraan festival berikutnya”, tutup Farid yang juga sedang menjabat sebagai Kepala Desa Senduro, tempat dilaksanakannya hampir 90% kegiatan dalam lintas kegiatan SPOEL 2024

“Secara erkelanjutan, SPOEL 2024 diharapkan dapat menjaga momentum dan konsistensi dalam gelaran festival pisang Lumajang secara berkala, sehingga festival dapat menjadi agenda tahunan yang dinantikan oleh wisatawan dan masyarakat lokal”.

“Dengan langkah-langkah di atas, diharapkan festival pisang Lumajang dapat menjadi daya tarik wisata dan mendorong pariwisata lokal agar dapat bertarung menjadi destinasi wisata internasional yang recomended sembari melestarikan keberagaman pisang dan kekayaan budaya daerah”.

“Demikian pula dalam menarik wisatawan internasional Official SPOEL 2024 telah merancang strategi yang tepat dan terpadu, diantaranya sebagai berikut:

Promosi daring: Manfaatkan kekuatan media sosial, situs web, dan blog untuk mempromosikan destinasi wisata. Buat konten menarik dalam bentuk foto, video, dan tulisan yang mencerminkan keunikan dan keindahan destinasi. Jangan lupa gunakan hashtag dan bahasa yang sesuai dengan target pasar internasional.

Kerja sama dengan industri pariwisata berjenjang internasional: Jalin hubungan dengan agen perjalanan, maskapai penerbangan, media pariwisata, dan influencer terkait dengan pasar internasional. Dengan bekerja sama, Anda dapat memperluas jangkauan promosi ke pasar internasional.

Fasilitas dan infrastruktur: Pastikan fasilitas dan infrastruktur di destinasi wisata memenuhi standar internasional, termasuk transportasi, penginapan, restoran, dan fasilitas umum seperti toilet dan penerangan.

Keberagaman produk wisata: Kembangkan beragam produk wisata yang sesuai dengan selera wisatawan internasional, seperti paket wisata budaya, petualangan, kulinari, ataupun edukasi. Keterlibatan dalam kegiatan tersebut akan meningkatkan pengalaman dan keterikatan wisatawan.

Informasi dan navigasi yang mudah: Pastikan informasi seputar destinasi wisata tersedia dalam bahasa internasional yang umum digunakan seperti Inggris, Mandarin, atau Jepang. Tambahkan peta dan penunjuk jalan dengan lebih dari satu bahasa di lokasi wisata.

Layanan berkualitas: Berikan layanan yang ramah, informatif, dan profesional kepada wisatawan internasional. Ini akan membantu menciptakan pengalaman menyenangkan bagi mereka.

Keamanan dan kenyamanan: Pastikan keamanan wisatawan internasional tetap terjaga dengan adanya patroli, kamera pengawas, dan koordinasi dengan aparat keamanan setempat.

Berkolaborasi dengan blogger dan influencer: Ajak blogger dan influencer terkait dengan pariwisata untuk mengunjungi dan mereview destinasi wisata. Mereka memiliki pengikut yang besar dan akan membantu meningkatkan visibilitas destinasi.

Mengikuti pameran pariwisata internasional: Ikuti pameran pariwisata internasional seperti World Travel Market, Arabian Travel Market, atau ITB Berlin untuk mempromosikan destinasi wisata secara lebih luas dan profesional.

Memonitor dan evaluasi strategi: Terus evaluasi dan perbarui strategi penarikan wisatawan internasional agar tetap relevan dan berhasil di pasar sasaran.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, destinasi wisata akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menarik wisatawan internasional.

Kampanye promosi dan layanan yang baik akan membantu menciptakan citra positif dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan internasional.

Langkah awal kegiatan yang direncanakan Official SPOEL 2024, adalah:

Membuat video tentang deskripsi kegiatan sebagai alat pembangun opini dan pengembangan narasi:

Judul Video: “Sedjoeta Pisang Oentoek Lumajang 2024 : Geliat Revolusi Industri Komoditas Pisang di Kabupaten Lumajang”

Deskripsi:

Video ini akan mengeksplorasi dan mengembangkan gagasan Proyek Sejuta Pisang untuk mengubah Lumajang menjadi pusat industri pisang di Indonesia. Kita akan melihat potensi pasar, strategi pengembangan, dan dampak positif yang akan hadir dalam kehidupan masyarakat lokal”. Kata Ery Pelupessy, L.iC menutup pembicaraan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *