Statement Anggota Dewan Kabupaten Pasuruan Bapak Syamsul Hidayat Untuk Yang Melaksanakan Pilkades Serentak

Berita, Daerah, Politik510 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Pelaksanaan Pilkades serentak dikabupaten Pasuruan tinggal 2 hari lagi. Salah satu tokoh masyarakat kecamatan Gempol yang juga anggota DPRD kabupaten Pasuruan berharap berjalan dengan damai dan aman, dikecamatan Gempol sendiri ada 4 ( empat) desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Inilah sebagian statement bapak Syamsul Hidayat ke awak media ( 08-10-2023).

Kami ingin menyampaikan beberapa point penting agar Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Gempol berjalan lancar, aman dan sukses. Pemilihan kepala desa adalah proses demokratis yang sangat penting dalam memilih pemimpin yang akan mewakili dan mengurus kebutuhan masyarakat desa. Oleh karena itu, kami meminta semua pihak terlibat untuk menjaga keutuhan dan ketertiban selama proses pemilihan ini.

1. Keterlibatan Masyarakat: Kami mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pemilihan kepala desa. Keluarkan suara Anda, hadir saat pemilihan, dan berikan suara dengan bijaksana. Kepentingan dan kebutuhan masyarakatlah yang harus menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan ini.

2. Kesetaraan dan Inklusivitas: Pastikan semua calon kepala desa memiliki kesempatan yang sama untuk berkompetisi. Tidak boleh ada diskriminasi atau perlakuan tidak adil terhadap calon manapun. Masyarakat juga harus merasa aman dan terlibat aktif dalam pemilihan.

3. Transparansi dan Akuntabilitas: Dipastikan seluruh proses pemilihan kepala desa berlangsung secara transparan. Komunikasikan dengan jelas jadwal pemilihan, prosedur, serta kriteria yang digunakan dalam penilaian calon. Selain itu, tetapkan mekanisme pengawasan yang efektif agar pemilihan ini bisa dipercaya oleh semua pihak.

4. Keamanan: Keamanan selama proses pemilihan harus menjadi prioritas utama. Kami meminta pihak kepolisian dan aparat keamanan untuk melakukan langkah-langkah keamanan yang memadai. Pastikan tidak ada intimidasi, ancaman, atau kekerasan yang terjadi selama pemilihan ini.

5. Kampanye yang Santun dan Bermartabat: Selama masa kampanye, mari jaga etika dan martabat dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Hindari kampanye fitnah, suap, atau tindakan tercela lainnya yang dapat merusak integritas pemilihan. Dan dimasa tenang ini supaya jaga kondusifitas daerahnya.

6. Penyediaan fasilitas yang memadai: Pastikan semua sarana dan prasarana pendukung pemilihan seperti kotak suara, tempat pemilihan, dan alat perhitungan suara memadai dan siap digunakan. Juga, pastikan aparat pemilihan terlatih dengan baik untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan dalam proses pemilihan.

Dengan mengikuti pedoman ini, kami percaya bahwa Pemilihan Kepala Desa akan berjalan dengan baik, aman, dan sukses. Mari kita jaga kebersamaan dan merangkul semangat demokrasi dalam memilih pemimpin yang terbaik untuk masyarakat desa. Terima kasih atas perhatiannya…red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *