Sikap Tanggap Tim TRC BBWS Brantas Kementerian PUPR Pusat Dalam Mengatasi Kekeringan Di Wilayah Kecamatan Gempol

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam musim kemarau panjang yang sulit diprediksi kapan berakhirnya telah menimbulkan warga desa kesulitan mendapatkan air bersih.

Dan khusus di wilayah kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan ada 2 dusun dari 2 desa yang mengalami kekeringan yakni di dusun Jurang pelen 2 desa Bulusari ada 360 KK dan dusun Candi Belahan Jowo desa Wonosunyo ada 185 KK keduanya masuk wilayah kecamatan Gempol.

Beberapa hari sebelumnya kolaborasi BPBD kabupaten Pasuruan,PDAM danTim TRC BBWS Brantas telah memberikan bantuan suplai air bersih kepada warga dusun Belahan Jowo desa Wonosunyo per dua hari sekali 2 tangki air bersih (5000 Ltr) dan kepada warga dusun Jurang pelen 2 per hari 2 rit tangki air bersih (5000 Ltr)

Penyebab terjadinya kekeringan air yang ada di dusun Jurang pelen 2 adalah karena pompa airnya rusak yang setiap hari didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih 360 KK warga dusun Jurang pelen 2 tersebut.

Berdasarkan surat pengajuan permohonan bantuan perbaikan pompa air dari pemdes Bulusari,maka pada hari Jum’at (25-08-2023) petugas lapangan dengan koordinator yang akrab disapa Mas Eko pada jam 12.45 wib -selesai melakukan perbaikan pompa air yang rusak di dusun Jurang pelen 2 yang kebetulan lokasinya dibelakang Ibu Kades Bulusari dan proses pelaksanaan perbaikannya telah berhasil,air dari pompa air tersebut telah mengalir, Dan kepala desa Bulusari Hj Siti Nurhayati baik secara pribadi dan atas nama warga dusun Jurang pelen 2 desa Bulusari mengucapkan terima kasih kepada pihak TRC BBWS Brantas atas bantuan yang telah diberikan.

Pada hari Jum’at (25-08-2023) jam 18.15 wib -selesai, Tim media harian merdeka post melakukan konfirmasi dengan Koordinator petugas lapangan Tim TRC BBWS Brantas Kementerian PUPR Pusat yang akrab disapa Mas Eko via saluran seluler terkait pelaksanaan program bantuan perbaikan pompa air di dusun Jurang pelen 2 desa Bulusari kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan, menjelaskan bahwa kami tadi siang hari ini kurang lebih jam 12.45 wib -selesai telah melakukan perbaikan pompa air di dusun Jurang pelen 2 desa Bulusari dan berhasil , disamping itu kami juga memberikan berupa motor pompa dan kabel.
Dasar prioritas Tim TRC BBWS Brantas Kementerian PUPR Pusat dalam memberikan bantuan sesuai kewenangan dan kondisi anggaran yang ada.
Dan kami selalu merespon cepat tiap permohonan bantuan yang diajukan oleh masyarakat seperti kebutuhan air bersih yang merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat karena motto kinerja Tim TRC BBWS Brantas Kementerian PUPR Pusat adalah Memberikan pelayanan optimal kepada rakyat. Tuturnya!!.(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *