Serda Muali : Keamanan wilayah binaan menjadi prioritas utama

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Salah satunya kegiatan Siskamling, yang merupakan prioritas utama, diselenggarakan dengan tujuan menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tentram serta kondusif, terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat

Hal tersebut disampaikan Babinsa Jogoyudan Koramil 0821/01 Lumajang Serda Mohammad Muali, saat bersama kepala kelurahan Jogoyudan, melaksanakan patroli di wilayah binaannya, sebagai upaya mencegah dan menekan angka tindak kriminalitas yang kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Dirinya juga mengatakan, bahwasanya Siskamling itu sendiri merupakan upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat, dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal, dari segala bentuk ancaman gangguaan.

“Dengan kegiatan ini, mari kita hidupkan kembali Siskamling untuk menjaga keamanan desa kita dari tindak kriminal terutama pencurian tengah malam. Oleh karena itu, keamanan desa dapat terjaga apabila seluruh masyarakat sadar, dan ikut serta melakukan Siskamling, sehingga tercipta keamanan wilayah yang kondusif,” kata dia.

Sementara itu, kepala kelurahan Jogoyudan Setyo Aji, S.STP, mengatakan, kegiatan sistem keamanan lingkungan memang perlu adanya dukungan serta kesadaran dan peran serta masyarakat, dengan menggiatkan ronda malam secara rutin.

“Dengan melakukan ronda secara giliran, maka akan tercipta keamanan akan lebih terjaga, disamping dapat meningkatkan hubungan antar warga, juga sebagai menyekat ruang gerak pelaku kejahatan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *