Serda Mista Kusnadi : Pentingnya Rutin Membawa Balita ke Posyandu untuk Menjaga Tumbuh Kembangnya

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Sebagai langkah mendorong masyarakat akan manfaat Posyandu, untuk menjaga tumbuh kembangnya kesehatan Balita dapat diketahui secara rutin dan berkala, khususnya para warga yang mempunyai Balita, dengan memastikan Balitanya sehat.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Randuagung Koramil 0821/07 Randuagung Serda Mista Kusnadi saat melaksanakan pendampingan bersama bidan desa di Posyandu Kamboja dusun Krajan RT 002 RW 004 Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (14/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Serda Mista Kusnadi mengatakan, bahwa angka kunjungan ke Posyandu biasanya akan semakin menurun. terutama bagi para ibu yang merasa vaksinnya sudah lengkap, ia akan enggan untuk membawa anaknya ke Posyandu. padahal Posyandu tidak hanya berkaitan dengan vaksinasi.

“Dengan hadir secara rutin di Posyandu, bertujuan untuk mendeteksi sejak dini jika terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti kekurangan gizi. Namun sayangnya, mindset yang berkembang adalah Posyandu hanya untuk menimbang berat badan dan memberikan vaksin anak. Hingga anak berusia 5 tahun, ibu harus rutin membawanya ke Posyandu. Sebab jika tidak, dikhawatirkan tumbuh kembang anak serta pemenuhan gizinya tidak dapat terpantau dengan baik,” kata dia.

Lanjut Mista, disamping itu, para ibu juga bisa berkonsultasi langsung dengan kader kesehatan dan/atau petugas kesehatan, sehingga berbagai permasalahan kesehatan anak dapat segera terselesaikan dengan benar, apa keluhan dari warga.

“Ada banyak manfaat Posyandu yang belum disadari oleh para ibu, dengan rutin datang ke Posyandu, tumbuh kembang anak selama masa keemasannya (0-5 tahun) akan terpantau dengan baik. tidak hanya ditimbang dan diukur tinggi badannya, anak-anak akan diberikan asupan makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *