Polres Pasuruan Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Mengamankan dan Mensukseskan jalannya Pemilu 2024, Polres Pasuruan menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pungut Suara Pemilu 2024 dalam rangka Operasi Mantap Brata Semeru 2023 – 2024, bertempat di lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan, Senin (12/02/2024).

Pada kegiatan tersebut, Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si. bertindak sebagai Pimpinan Apel, yang diikuti oleh Wakapolres Pasuruan, PJU Polres Pasuruan, Perwira Polres Pasuruan, serta seluruh anggota Polres dan Polsek jajaran yang terlibat dalam Pengamanan TPS.

Dalam amanatnya, Kapolres Pasuruan mengatakan bahwa Pemilu tahun 2024 di wilayah Kabupaten Pasuruan, dilaksanakan di 17 Kecamatan yang tersebar 254 Desa dan 3.953 TPS.

“Alhamdulillah klasifikasi kerawanan TPS yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan saat ini statusnya kurang rawan namun Anggota yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024 sebanyak 550 (lima ratus lima puluh) Personel, meskipun demikian, kita tetap harus selalu waspada terhadap situasi Kamtibmas yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi sebuah ancaman,” ucapnya.

“Diperlukan sinergitas dan kolaborasi dengan TNI dan Stakeholder terkait untuk menciptakan Situasi Kamtibmas yang tetap kondusif, dan Permintaan bantuan pengamanan kepada Kodim 0819 sebanyak 300 personel,” lanjut AKBP Teddy.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa Apel ini merupakan kesiapan anggota dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024.

“Saya harapkan rekan- rekan segera mengecek di TPS masing-masing yang menjadi tanggung jawab anggota, kenali Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan yang akan terjadi menjelang dan setelah pelaksanaan Pungut dan hitung suara,” tandasnya.

“Kekuatan tambahan kita ada di Linmas dan Anggota TNI, segera melaksanakan koordinasi, serta pahami betul apa yang menjadi tugas kita sebagai anggota Polri, Pastikan alternatif TPS harus ada, H-1 TPS agar dicek apa sudah disiapkan TPS nya.

Usai kegiatan Apel dilaksanakan, kemudian dilanjutkan pengecekan personel dan kelengkapan personel pada saat pelaksanaan Pengamanan di TPS oleh Kapolres Pasuruan beserta PJU Polres Pasuruan. (Izz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *