Polres Fakfak Laksanakan Apel Gelar Operasi Keselamatan Mansinam 2024, Ini Sasarannya.

Harianmerdekapost.com.,Fakfak Papua Barat – Kepolisian Resor Fakfak menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Mansinam 2024, Sabtu (2/3/2024), bertempat di Lapangan Apel Mapolres Fakfak Jl. Thumburuni No. 1.Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE. MH bertindak selaku Pimpinan Apel, dengan Komandan Apel Ipda Erwin Eka Putra, SH. Apel gelar pasukan diikuti oleh 1 Regu Personel Subden POM Fakfak, 1 Regu Lanal Fakfak,1 Peleton Kodim 1803, 1 Pleton Brimob Polda Papua Barat, 1 Pleton Dalmas, 1 Pleton Gabungan Staf,1 Pleton Reskrim Intelkam, 1 Regu Dinas Perhubungan / DLLAJR, 1 Peleton Komunitas Club Motor N-Max, dan 1 Regu Patroli Keamanan Sekolah(PKS).

Dalam Apel Gelar Pasukan ini Kapolres Fakfak membacakan amanat Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jonny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. , antara lain sebagai berikut :

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho-nya,pada pagi hari ini kita dapat menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka “Operasi Keselamatan Mansinam Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan”Dimana pelaksanaan Operasi Keselamatan terhitung mulai tanggal 04 maret sampai dengan 17 maret 2024 namun karna bertepatan dengan hari keselamatan jalan sehingga gelar pasukan dilaksanakan pada hari ini sabtu tanggal 02 maret 2024 yang dibarengi dengan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan dengan mengucapkan janji atau ikrar kita ikrarkan bersama sehingga kita diharapkan oleh Negara menjadi agen – agen Pelopor Keselamatan Lalu lintasdijalan.janji/ikraryang telah kita ikrarkan bersama ini mengandung konsekuensi pada diri sendiri,keluarga,dan lingkungan sekitar untuk dapat mewujudkan lalu lintas aman,tertib dan berkeselamatan.

Pada kesempatan ini pula ijinkanlah Saya Selaku Pimpinan Polda Papua Barat mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada seluruh peserta apel karena telah kita lewati beberapa tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta DPD,DPRRI,DPRD Provinsi,DPRD Kab/Kota dalam keadaan aman dan kondusif.

tentunya keadaan ini tidak akan tercapai tanpa partisipasi dari semua pihak yang telah peduli dalam menjaga kamtibmas diwilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya sehingga tahapan Pemilu boleh berjalan sampai ketahapan penghitungan suara dalam keadaan aman dan kondusif.

Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil dan pendukungnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Perlu kita ketahui bersama bahwa Operasi Keselamatan Mansinam-2024 dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar lantas menjelang bulan Ramadhan tahun 2024 yang bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, mengingat tingkat kesadaran masyarakat dalam ketertiban lalu lintas sehingga terjadi pelanggaran berakhir dengan kecelakaan lalu lintas.

Seperti yang terjadi selama tahun 2023 jumlah pelanggaran diwilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya tercatat 26.507 pelanggar dengan rincian teguran 23.277 dan Tilang 1.431, sedangkan jumlah kecelakaan di wilayah Papua Barat dan Papua Barat daya tercatat 874 kejadian dengan rincian Meninggal Dunia 130, Luka Berat(LB) 390, Luka Rungan (LR) 887 dan Kerugian Material (kermat) sebanyak Rp.3.372.050.000.

Dengan tingginya angka pelanggaran dan angka kecelakaan yang sangat tinggi di dominasi oleh usia produktif atau usia muda, oleh karena itu kita semua harus turut serta dalam mencari solusi dalam rangka menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

Polri telah mengambil langkah-langkah dengan melaksanakan Operasi-Operasi Keselamatan dibidang lalu lintas termasuk pencanangan aksi keselamatan jalan sebagai mana yang kita laksanakan hari ini.

Operasi Keselamatan Mansinam-2024 pada tahun ini akan dilaksanakan selama 14 hari dimulai tanggal 04 Maret sampai dengan 17 Maret 2024,dibarengi dengan pencanangan aksi keselamatan jalan secara serentak diseluruh indonesia dengan sasaran Operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan laka lantas baik sebelum, pada saat maupun pasca Operasi Keselamatan Mansinam-2024.

Target Operasi Keselamatan Mansinam– 2024 meliputi:
1.Pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara;
2.Pengemudi kendaraan bermotoryangmasih di bawahumur;
3.Pengendara R2 berboncengan lebih dari 1 orang;
4.pengemudi yang tidak menggunakan Helm &
Safety Belt;
5.Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol;
6.Pengemudi yang melawan arus lalu lintas;
7.Kelengkapan kendaraan dengan menggunakan knalpot tidak sesuai spektek/bising & kendaraan tidak menggunakan plat nomor/TNKB;

Para peserta Apel Gelar Pasukan sekalian, yang saya hormati, perlu kita pahami bersama bahwa dalam pelaksanaan operasi keselamatan Mansinam-2024 ini mengedepankan kegiatan Preemtif,Preventif,Edukatif serta Persuasif dan Humanis, di dukung Penegakkan Hukum secara Elektronik/teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri, kemudian cara bertindak sbb:

a.Melakukan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi / tempat yang rawan terhadap kemacetan,pelanggaran dan laka lantas;
b.Melaksanakan binluh kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui sosialisasi dan pemasangan baliho,stiker dan melalui media cetak,elektronik maupun media sosial;
c.Melaksanakan Edukasi dan membangun disiplin masyarakat untuk patuh serta tertib dalamberlalulintas;
d.Melaksanakan penegakkan hukum lantas secara elektronik terhadap tindakan pelanggaran dan teguran secara Elektronik;

Para Peserta Apel Gelar Pasukan sekalian,yang Saya hormati, berkaitan dengan target dan cara bertindak sebagai pedoman bagi petugas dilapangan diatas harus sejalan dengan Tema Operasi Keselamatan Mansinam 2024 yaitu “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”

Ini terkandung makna sebagai mana yang telah kita Ikrarkan bersama dan ini serentak seluruh Indonesia bahwa seluruh elemen masyarakat harus memaknai keselamatan berlalu lintas adalah merupakan hak yang hakiki melekat pada setiap pengguna jalan raya yang patut di jaga, baik oleh masyarakat secara umum maupun para pemangku kepentingan, kalau setiap individu sudah menyadari bahwa keselamatan berlalulintas yang pertama dan utama,maka dengan sendirinya akan tercipta disiplin berlalu lintas sehingga tercapai Kamseltibcar Lantas sebagaimana dambaan kita bersama Menuju Indonesia Maju Dalam Rangka“Indonesia Emas 2045”.

Para peserta Apel Gelar Pasukan sekalian,yang saya hormati, sebelum saya mengakhiri sambutan ini,saya akan menyampaikan penekanan dan arahan sebagai Pedoman dalam pelaksanaan tugas yaitu:
1.Selalu bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berdoa sebelum melaksanakan tugas.
2.Jalin kerjasama yang aktif antar Institusi Negara,karena tujuan kita adalah sama untuk melayani masyarakat.
3.Jaga keselamatan kesatuan, baik keselamatan pribadi dan kehormatan Institusi dalam pelaksanaan tugas;
4.Wujudkan pelayanan Aparat Negara yang humanis(hindari sikap arogansi) dan bersih dari Korupsi,Kolusi dan Nepotisme.

Sebelum mengakhiri sambutan ini ijinkan kami menyatakan bahwa Operasi Keselamatan Mansinam tahun 2024 dan Pencanangan aksi Keselamatan jalan Saya nyatakan dimulai.

Semikian Sambutan Saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat,Bangsa dan Negara.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan ini Wakapolres Fakfak Kompol Indro Rizkiadi, S.IK, Kepala Dinas Perhubungan Darat Kab. Fakfak, Komandan Subdenpom Fakfak, Perwakilan Jasaraharja Fakfak serta Seluruh Pejabat Utama Polres Fakfak.

(Amatus.Rahakbauw.K).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *