Percepat Daya Saing Produk Lokal, Manokwari Lakukan Bimtek

Berita, Daerah1473 Views

Harianmerdekapost.com Fakfak Papua Barat – BPOM Manokwari selenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) Penerapan CPPOB untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait CPPOB bagi UMK Pangan di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat Kamis pagi (15/6)wit.Ujar Eni Maryatun saat di konfirmasi Wartawan mengatakan.

 

UMKM pangan berperan strategis dalam menyediakan pangan yang aman dan bermutu. UMKM juga menggerakkan perekonomian rakyat dengan pemanfaatan sumber daya lokal. Oleh karena itu, UMKM perlu didukung dengan peningkatan kapasitas dalam upaya peningkatan daya saing.

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan mengundang 12 pelaku usaha UMK di Kabupaten Fakfak. Adapun materi yang disampaikan sebagai berikut Kebijakan Keamanan Pangan, Pedoman Produksi dan Peredaran, Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), Penerapan CPPOB, Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP), Monitoring dan Tindakan Koreksi, serta Tata Cara Pendaftaran Produk MD.

 

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan menerapkan CPPOB dan pendokumentasian di sarana produksi sehingga siap dilaksanakan Pemeriksaan Sarana oleh UPT BPOM dan siap memperoleh izin edar BPOM MD.

 

Selama Bimtek, peserta antusias bertanya dan berdiskusi terkait materi yang disampaikan narasumber.(Amatus Rahakbauw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *