Peran Serta Babinsa Sumbersari Bersama Warga, Dukung Pembangunan Drainase di Wilayah 

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Sebagai wujud mendukung program pemerintah desa, Babinsa Sumbersari Koramil 0821/16 Rowokangkung Sertu Maer Iswanto, bersama warga melaksanakan karya bakti pembanguan drainase sepanjang 100 meter di Dusun Bayur Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023).

Pembangunan drainase tersebut, merupakan program pemerintah desa melalui usulan warga Dusun Bayur yang diajukan dalam Musrenbangdes, sebagai upaya memperlancar pembuangan limbah di perkampungan warga.

Dalam kesempatan itu, Maer Iswanto mengatakan, bahwa pelaksanaan karya bakti bersama warga merupakan salah satu wujud nyata dan peran aktif, sebagai implementasi pembinaan teritorial (Binter) kepada masyarakat di wilayah binaan.

“Dengan adanya Pembangunan drainase ini, merupakan langkah pemerintah desa dalam menghadapi musim penghujan. Dan saluran yang digunakan untuk memperlancar massa air berlebih dari sebuah kawasan seperti perumahan, perkotaan, dan jalan. Sistem saluran ini memiliki peran penting untuk menghindari terjadinya genangan air di permukaan badan jalan,” kata dia.

Menurutnya, kegiatan tersebut disamping mengawal pembangunan infrastruktur, juga sebagai sarana komunikasi sosial bersama warga di wilayah, dengan membina kebersamaan.

“Dengan upaya kami, dalam mendorong warga bergotong royong membantu mengawal pembangunan infrastruktur di wilayah. Dan dengan kegiatan ini sebagai ajang dalam menciptakan kemanunggalan TNI dan rakyat di wilayah binaan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *