Seorang Jurnalis Harus Mengungkap Kebenaran,Berpihak Kepada Publik Serta Menjaga Jarak Yang Sama Dengan Narasumber Atau Tidak Memihak.

Harianmerdekapost.com.,Papua Barat – Aliansi Wartawan Indonesia (AWI ) Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, kembali mengikutsertakan kedua anggotanya untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan atau yang di sebut UKW yang bertempat di Kampus Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Dalam Uji Kompetensi Wartawan yang dimulai tepat pada hari Sabtu pagi (11/11/2023)wit. 2 orang wartawan yakni Tatag YR dan Ahmad Zauhari Tuhepali, akan mengikuti UKW hingga Minggu besok.

Ketua DPC AWI Kabupaten Fakfak, Wahyu Hidayat dalam penyampaiannya mengatakan, “Dua anggota AWI tersebut akan mengikuti UKW jenjang muda, sebagai komitmen AWI untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Sementara itu, Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers, Paulus Tri Agung K dalam kesempatan pembukaan UKW ini mengatakan, “Seorang jurnalis harus mengungkap kebenaran, berpihak kepada publik serta menjaga jarak yang sama dengan narasumber atau tidak memihak,”

Selaku Direktur Lembaga Uji Kompetensi Dr. Soetomo Surabaya Dr. Harliantara,bahkan juga sebagai Dekan Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Dr. Soetomo Surabaya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Dewan Pers dan wartawan atas penyelenggaraan UKW oleh Unitomo.

Wahyu Hidayat yang juga Pemimpin Redaksi media juga menjelaskan bahwa, AWI Kabupaten Fakfak berencana untuk mengikutsertakan anggotanya yang belum mengikuti UKW, untuk ikut UKW tahun depan.

“Targetnya, seluruh anggota AWI Kabupaten Fakfak harus mengikuti UKW, sehingga menjadi wartawan yang kompeten. Selain itu, kami telah menjajaki kerjasama berupa wartawan magang bersama beberapa media di Jawa Timur,” tuturnya.

Pada Januari 2023 lalu, AWI Kabupaten Fakfak juga mengikutkan 9 anggotanya untuk mengikuti UKW di Unitomo Surabaya.

Wartawan magang merupakan upaya untuk meningkatkan skill dan pengalaman seorang wartawan, dengan bekerja magang sebagai wartawan di beberapa media di Jawa Timur.(Amatus Rahakbauw/K).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *