Penyerahan Senjata Rakitan di Perbatasan Sintang:Hasil Baik dari Kegiatan Pembinaan Teritorial

Harianmerdekapost.com, Sintang, Kalbar – Pos Kout Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti berhasil menerima kembali secara sukarela 1 (satu) pucuk senjata api rakitan jenis lantak dari salah seorang warga berinisial N di perbatasan,Keberhasilan ini merupakan hasil dari kegiatan pembinaan teritorial (binter) yang dilakukan secara gencar oleh anggota Pos Kout, Selasa kemarin, (28/5 2024).

Kapten Arm Prihandoko, Wadan Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti, menjelaskan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen pihaknya dalam melaksanakan pembinaan teritorial.

Melalui gotong royong membantu pembangunan infrastruktur desa binaan, pendistribusian pakaian, dan pemberian pengobatan medis secara rutin, terjalin hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang baik dengan masyarakat.

Penyerahan sukarela senjata rakitan ini menjadi bukti kedekatan antara anggota Pos Kout dengan masyarakat perbatasan, yang merupakan hasil dari kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukan secara intensif setiap hari.

Dalam menjalankan tugasnya, Pos Kout senantiasa menjalin komunikasi sosial yang baik dengan masyarakat serta memberikan pemahaman hukum tentang aturan kepemilikan senjata api secara pribadi.

Serda Muhammad Jimmy dan Pratu Nur Hidayat, yang menerima langsung penyerahan senjata api tersebut, menyatakan bahwa hal tersebut merupakan suatu kehormatan bagi personel Pos Kout karena dipercaya oleh masyarakat di wilayah penugasan.

Mereka juga berkomitmen untuk terus menjalin hubungan yang baik menjelang purna tugas serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya memiliki senjata rakitan.

Keberhasilan ini menunjukkan pentingnya peran pembinaan teritorial dalam menciptakan kedekatan antara aparat keamanan dan masyarakat, serta memberikan pemahaman yang baik tentang bahaya senjata rakitan bagi keselamatan bersama Tegasnya. (Mulyadi-Tim Hmp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *