Penanganan PMK, Babinsa Rowokangkung Giatkan Pendampingan Penyaluran Vaksin Ternak di Wilayah Binaan

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Babinsa Rowokangkung Koramil 0821/16 Rowokangkung Serka Ii Supriadi melaksanakan kegiatan pendampingan pemberian vaksinasi dan penandaan hewan ternak bersama Tim dari Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) Kabupaten Lumajang bertempat di Dusun Genitri Kidul Desa Rowokangkung Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (11/10/2023)

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari penanganan pencegahan penyakit mulut dan kuku untuk ternak sapi, yang dilakukan Puskeswan Kabupaten Lumajang secara serentak di tiga tempat di desa rowokangkung selama 2 hari di lakukan oleh 20 orang personil Puskeswan

Saat dikonfirmasi Tim media, Serka Ii Supriadi menyampaikan, bahwasannya kegiatan, merupakan sinergi TNI bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, dalam percepatan penyaluran vaksinasi kepada hewan ternak warga binaan.

“Pendampingan ini, merupakan upaya kami dalam mengawal kegiatan penyaluran vaksin, dan ini wujud perhatian pemerintah, yang terus melakukan berbagai upaya untuk menekan peningkatan dan mencegah meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Salah satu upaya adalah percepatan distribusi vaksin,” kata dia.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 60 ekor hewan ternak di wilayah Desa Rowokangkung, yang mendapat pemeriksaan dan vaksinasi, dari Tim Puskeswan Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Kepala Desa Rowokangkung Totok Harianto mengatakan, banyak terima kasih kepada Tim Puskeswan Kabupaten Lumajang dan Babinsa Rowokangkung, yang telah melakukan penanganan pencegahan melalui pemberian vaksin kepada ternak warga di wilayah.

“Kekhawatiran Wabah PMK yang menjadi momok bagi warga peternak, dapat terjawab. dengan vaksinasi ini, semoga upaya pencegahan dengan penyuntikan vaksin pada ternak berjalan dengan lancar, sehingga warga peternak di wilayah kami merasa lega, karena hewan ternaknya dapat tervaksin,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *