Babinsa Sukorejo, Laksanakan Pengecekan Ternak Sapi Warga Antisipasi PMK

Berita, TNI/Polri217 Views

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam upaya mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Sukorejo Koramil 0821/17 Pasrujambe Sertu Setiyo Subagiyo, terus berupaya melakukan pengecekan ternak disalah satu warga di Dusun Gasri RT 005 RW 010 Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan tersebut merupakan upayanya dalam rangka antisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK), salah satunya dengan memberikan motivasi kepada para peternak di wilayah binaan, untuk selalu tanggap terhadap wabah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sertu Setiyo mengatakan, bahwa pihaknya yang terlibat sebagai Satgas penanganan PMK di wilayah, akan terus mengupayakan, agar kasus penularan wabah PMK dapat diminimalisir semaksimal mungkin, agar warga ternak dapat mengantisipasi jauh sebelumnya.

“Dengan kegiatan ini merupakan pengecekan rutin hewan, dalam rangka mengantisipasi wabah PMK dengan mencegah penularannya dapat ditekan dengan melakukan konsultasi kepada petugas Puskeswan yang ada. Dan kami juga mengimbau warga untuk segera melapor apabila ada hewan ternaknya yang mengalami gejala PMK,” kata dia.

Lanjut Setiyo, disamping itu, pihaknya juga memberikan imbauan untuk meningkatkan kebersihan ternaknya maupun kebersihan kendang juga memberikan makanan yang terbaik untuk kesehatan ternak.

“Kami tekankan kepada peternak, upaya pencegahan PMK selain langkah penyuntikan vaksin, hal yang lain yang perlu dipethatikan yakni dengan penyemprotan desinfetan secara rutin, memberikan makanan yang baik sehingga ternak tetap terjaga kesehatannya,” pungkasnya. (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *