Pemkab Sumenep Sabet Dua Penghargaan Pada Ajang ABDI 2023

Berita, Daerah534 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Dinilai telah berhasil melakukan akselerasi transformasi daerah berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Sumenep terima penghargaan pada ajang Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) 2023 dari B Universe.

Tidak tanggung-tanggung, dalam kesempatan tersebut Pemkab Sumenep berhasil memboyong dua penghargaan, yaitu katagori utama sebagai Inisiatif Pemerintah Daerah Inspiratif dan katagori Transformasi Digital Terintegrasi, yakni program SikaPal untuk tingkatkan keamanan warga di laut.

“Kami berterima kasih kepada B Universe atas diraihnya dua penghargaan ini dalam bidang pelayanan publik dan inovasi, pada ajang Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) 2023,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, seusai menerima penghargaan, di Ballroom Hotel JS Luwansa, Kuningan Jakarta, Selasa (12/09/2023).

Dikatakan oleh Bupati, selama ini Pemerintah Daerah terus melakukan terobosan dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu terobosan yang telah berhasil dilahirkan oleh pemerintah daerah yaitu Program Sistem Informasi Keselamatan Pelayaran (SiKapal).

Menurutnya, berkat inovasi teknologi itu, pihak berwenang dapat memberikan pertolongan secepatnya dengan menemukan titik koordinat (lokasi) perahu atau kapal yang mengalami kecelakaan laut, sehingga meminimalisir korban jiwa.

“Pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus melakukan pengembangan program SiKapal, seperti alat pendeteksi atau Automation Identification System (AIS) yang terpasang di perahu atau kapal,” pungkas Bupati.

Penyerahan dua penghargaan untuk Pemkab Sumenep dari B Universe dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian kepada Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo. (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *