Pelaksanaan Program SDGs Bidang Kesehatan Oleh Pemdes Kepulungan

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Sustainable Development Goals( SDGs) merupakan tindak lanjut dari kesepakatan global sebelumnya yaitu Milenium Development Goals ( MDGs).

Dan pada bulan September 2015 Perserikatan Bangsa Bangsa ( PBB) meluncurkan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dapat di definisikan sebagai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dimana masa berlakunya 2015- 2030.

Sustainable Development Goals adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan -perubahan kearah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

 

Sedang Program SDGs global tersebut diatas oleh Pemerintah Republik Indonesia di aplikasikan sebagai SDGs desa artinya ” melokalkan tujuan global SDGs kedalam tujuan pembangunan desa dan pedesaan melalui SDGs Desa ” sebagai dasar substansialnya mayoritas rakyat Indonesia hidup di pedesaan.

Pada intinya SDGs Desa itu adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa tumbuh ekonomi merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan,Desa berjejaring dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dengan berlandaskan pada regulasi undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

 

SDGs berdasarkan hasil kesepakatan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) mempunyai 17 macam tujuan tapi untuk penerapan pada pemerintah Republik Indonesia dalam kebijakan SDGs Desa mempunyai 18 macam tujuan karena ditambah dengan Kelembagaan desa yang dinamis dan budaya desa Adaptif.

 

Salah satu desa di wilayah kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan yang fokus Melaksanakan Program SDGs Desa di bidang ekonomi, ketahanan pangan dan kesehatan serta peduli lingkungan adalah desa Kepulungan yang mulai terlihat sebagai sebuah karya nyata karena benar -benar bernilai maslahat manfaat dan telah dirasakan oleh warga desa Kepulungan.

 

Untuk program pemdes Kepulungan bidang kesehatan yang telah dilaksanakan antara lain posyandu Tematics, SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) ,ASMAN TOGA (Asuhan Mandiri Tanaman obat keluarga) dan semuanya dijalankan dengan berkesinambungan dan berkelanjutan.

 

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan buat warga desa Kepulungan,pemdes Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan pada hari selasa (12-09-2023) menyerahkan 15 meja untuk 14 pos posyandu yang ada di 11 dusun yang ada di wilayah desa Kepulungan dan sebelumnya juga menyerahkan 10 buah timbangan dan alat ukur ketinggian balita.

 

Ketika acara penyerahan bantuan usai, Tim media harian merdeka post menemui ketua TP PKK desa Kepulungan Ibu HJ Sa’adah (12- 09- 2023) setelah mengikuti acara pertemuan rutin PKK untuk meminta komentar, menjelaskan bahwa pada prinsipnya kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik di bidang kesehatan kepada warga desa Kepulungan. Tuturnya!!.

(Budhi H)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *