Pemerintah Melalui Dinas Ketahanan Pangan Bangkalan Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Menjaga Stabilitas Harga

Berita, Daerah251 Views

Harianmerdekapost.Com, Bangkalan-Jatim,– Senin, tanggal 1 April 2024, Dalam rangka untuk menstabilkan harga pangan di masyarakat, Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bangkalan, mengadakan program Gerakan Pangan Murah. Pelaksanaan program tersebut di adakan di pendopo Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Langkah ini bertujuan utama untuk menjaga stabilitas harga pangan di tengah meningkatnya permintaan selama bulan suci Ramadhan.

Acara Gerakan Pangan Murah resmi dibuka oleh Kementerian Badan Pangan Nasional, H. Arief Prasetyo Adi, ST.ST, secara serentak melalui platform Zoom.  “Kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan harga-harga tetap stabil. Dalam giat Gerakan Pangan Murah tersebut  kami menyediakan kebutuhan bahan pokok diantaranya seperti beras dan minyak dengan harga terjangkau, semoga dengan program ini masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang,” ujar beliau.

Salah satu Kecamatan yang menggelar acara Gerakan Pangan Murah, yakni Kecamatan Kamal, mendapat dukungan dari PT Makshal dan Mustika Motor serta dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Kamal.

Dalam acara tersebut di hadiri langsung oleh (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan  Kabupaten Bangkalan, Ainul Ghufron. Dalam keterangannya Ainul mengatakan, “kegiatan gerakan pangan murah di Kecamatan Kamal  untuk membantu menekan laju inflasi, Pada dasarnya adalah bentuk dukungan ke pada pemerintah di dalam menekan inflasi daerah”.

Menambahkan,”Target Dinas Ketahanan Pangan dalam program ini dalam setahun empat kali, momentum menjelang Idul Fitri atau Ramadhan dan Idul Adha yang biasanya harga sembako naik, serta saat Natal dan Tahun Baru.

Selain gerakan pangan murah, upaya lain yang saat ini tengah dilakukan Pemkab Bangkalan untuk menekan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok dengan menggelar pasar tani di berbagai kecamatan”. Terangnya.

Camat Kamal, Edi Sattovit menyatakan “bahwa di tengah kenaikan harga sembako, terutama beras, Gerakan Pangan Murah ini menggelar pasar murah dengan harga yang kompetitif. “Kami tidak bermaksud mengganggu pasar, namun kami ingin berbagi dan membantu menstabilkan harga-harga yang terus meningkat, semoga dengan adanya program Gerakan Pangan Murah tersebut dapat membantu dan meringankan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Kamal”. Tegasnya.

Salah satu pernyataan dari masyarakat yang menghadiri acara tersebut, ” kami berterima kasih kepada pemerintah khususnya Dinas ketahanan pangan dan pemerintah Kecamatan Kamal atas terselenggaranya program Gerakan Pangan Murah tersebut. Kami bersyukur adanya sembako murah dengan harga terjangkau sehingga dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan pokok kami. Jelasnya.

(PD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *