Pemdes Kepulungan Menyelenggarakan Giat Pembinaan Kelompok Tani “Dalam Rangka Pembinaan Penguatan Lembaga Untuk Menuju Petani Yang Mandiri”

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup warga desa khusus nya para petani yang merupakan pejuang pangan di bidang ketahanan pangan.

Pemdes Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan pada hari kamis tanggal (21-03-2024) menyelenggarakan giat pembinaan penguatan lembaga untuk menuju petani yang mandiri.

Giat tersebut dilaksanakan di pendopo kantor desa Kepulungan yang dimulai jam 22.00 wib-selesai.

Sedang para pihak yang hadir dalam acara tersebut antara lain Forkompincam Gempol, pendamping desa kecamatan Gempol dan lokal desa Kepulungan, kepala desa Kepulungan beserta perangkat desanya, Babinsa dan Babinkamtibmas, 7 Poktan se desa Kepulungan dengan rincian Poktan Kajang 20 orang, Kajang 1 berjumlah 10 orang, Harapan Jaya 20 orang, Tugu Sari 10 orang, Taman Sari 10 orang, Klabangan 10 orang dan Sumber Rejeki 20 orang total yang hadir 120 orang.

Pada sambutan singkat yang telah disampaikan oleh kepala desa Kepulungan Bapak Didik Hartono SH, MH yang intinya sesuai Permendes nomor 7 tahun 2023 bahwa 20 persen dari anggaran DD diperuntukkan untuk ketahanan pangan ya untuk para petani termasuk bantuan bibit yang telah diberikan oleh pemerintah pemerintah desa kepada 7 Poktan se desa Tuturnya!!.

Dan untuk sambutan arahan singkat yang telah disampaikan oleh Camat Gempol Bapak H Komari SH MH ,Para petani yang tergabung dalam Poktan yang ada di desa Kepulungan poin pentingnya harus tetap semangat dalam menjalankan profesi sebagai pejuang pangan dan bila ada sesuatu yang kurang dipahami bisa konsultasi kepada penyuluh pertanian yang ada di kecamatan Gempol serta harus Haqqul yakin bisa dan berhasil.Tuturnya !!.

Sedang sambutan singkat yang telah disampaikan oleh pendamping desa kecamatan Gempol Bapak Eko Subekti bahwa bantuan bibit yang telah diberikan oleh pemerintah desa Kepulungan diharapkan dapat memberikan nilai maslahat manfaat buat para petani yang ada di desa Kepulungan dengan hasil panen yang sesuai harapan. Jelasnya !!.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan bibit secara simbolis oleh kepala desa Kepulungan dan didampingi oleh Bapak Camat Gempol, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti Pembinaan Penguatan Kelembagaan untuk menuju petani yang mandiri dengan Nara sumber dari BPP kecamatan Gempol dengan fasilitator Bapak Fajar yang berkait dengan ragam materi Poktan diharapkan tidak berharap bantuan ( bisa Mandiri), Petani diharapkan paham IT, memahami Regulasi, Mekanisme Poktan yang berkait dengan tahapan usulan RDKK, kebutuhan pupuk bersubsidi,masa tanam diantaranya kerja bakti irigasi, kerjasama dengan Poktan dan Biosaka yang dikemas dalam sesi dialogis.

(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *