Peduli Kesehatan Warga Binaan, Babinsa Dampingi Kegiatan Fogging

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Wujud kepedulian kesehatan warga, Babinsa Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto, Sertu Fahrur Rosi melaksanakan pendampingan kegiatan Fogging dari Puskesmas Jatiroto, bertempat di Dusun Pondokrejo RT 001 RW 012 Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023).

Fogging atau pengasapan, merupakan tindakan dengan menggunakan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk dewasa secara luas, kegiatan tersebut sebagai langkah untuk mencegah merebaknya penyakit demam berdarah yang berada ditempat yang menjadi sarang berkembangnya nyamuk.

Dalam kesempatan itu, Fahrur Rosi, saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwasannya kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah melalui Puskesmas, untuk melakukan pencegahan dini, dalam pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah binaan.

“Dengan adanya fogging sebagai tujuan masyarakat akan terhindar dari penyakit demam berdarah. dan melalui kegiatan ini masyarakat untuk lebih meningkatkan kebersihan rumah maupun pekarangan sekitar, juga tak kalah pentingnya kami himbau kepada warga untuk tetap melakukan langkah 3M, yakni menguras, menutup dan mengubur barang yang menyebabkan berkembangnya nyamuk,” kata dia.

Sementara itu, Tim dari Puskesmas Jatiroto Dwi Wahyuni, Amd.Keb selaku bidan desa mengatakan, bahwa kegiatan Fogging dengan sasaran rumah rumah warga, pekarangan dan gorong-gorong, sebagai bentuk pencegahan serta memini malisir berkembangnya nyamuk.

“Disamping upaya pengasapan, kami bersama kader di wilayah, tidak bosan-bosan untuk menekankan kepada warga, untuk selaku meningkatkan kebersihan lingkungan, karena dengan fogging tersebut, hanya efektif dalam membunuh nyamuk dewasa tidak untuk larva, telur ataupun jentik nyamuk, harapan kami para warga selalu melaksanakan 3M secara rutin,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *