Peduli Kesehatan Balita, Babinsa Sumbersari Intensif Pendampingan Posyandu

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Pos pelayanan terpadu atau posyandu membantu masyarakat mendapatkan informasi pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak Balita dengan lebih mudah. Dengan begitu, posyandu juga ikut berperan dalam pemantauan gizi ibu hamil dan Balita, sebagai tujuan menekan angka stunting di wilayah.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Sumbersari Koramil 0821/16 Rowokangkung, Sertu Maer Iswanto saat melaksanakan pendampingan, dalam rangka monitoring kesehatan warga, di Posyandu Sakura Dusun Pakeman RT 011 RW 004 Desa Sumbersari, Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (29/8/2023)

Dikatakannya, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kepedulian dan perhatian TNI AD, terhadap kesehatan masyarakat di wilayah binaan, dengan memberikan motivasi kepada warga yang mempunyai Balita, Ibu hamil, terutama kepada keluarga yang tergolong stunting.

“Ini merupakan salah satu kami selaku Babinsa, yang merupakan implelemtasi dari program komando atas, disamping melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, untuk mengetahui tumbuh kembang kesehatan warga, juga sebagai wujud melaksanakan percepatan penurunan stunting di wilayah binaan,” kata dia.

Terkait hal tersebut, dari pelayanan Posyandu dilingkungan RW 04, tercatat hasil pemeriksaan sejumlah warga yang hadir, terdiri Balita 46 anak, Balita stunting 2 anak dan Ibu hamil 6 orang.

Hal yang sama, juga disampaikan bidan desa Sumbersari Yeni Widayati, S.ST.Kep, mengatakan, bahwasanya kegiatan tersebut bersama Babinsa akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, untuk berperan aktif dalam kegiatan Posyandu.

“Komunikasi yang baik selama ini kepada masyarakat akan terus dibina terutama dalam membantu pelaksanaan program pemerintah melalui dinas kesehatan, sebagai tujuan meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat, dengan upaya menurunkan angka stunting di wilayah dapat berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *