Mukhamad Jainul Calon Kepala Desa Karang Rejo Nomor Urut 3 Turut Berpartisipasi Memeriahkan Acara Festival Karnaval Budaya Ruwah Dusun Legupit

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka memeriahkan ruwah dusun Legupit desa Karang Rejo kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan yang pada hari sabtu (23-09-203) malam kemarin telah menyelenggarakan gebyar seni tradisional Jawa Timur campur sari dan pagelaran wayang kulit Ki dalang Darmawan.

Maka pada hari minggu, tanggal (24-09-2023) dilanjut dengan acara Festival Karnaval Budaya yang di ikuti semua warga dari 4 RT yang ada di wilayah dusun Legupit dengan menyajikan dan menampilkan tarian juga ragam busana budaya Nusantara.

Acara tersebut di sentralkan dengan start dan finish di depan balai dusun Legupit desa Karang Rejo sedang acara dimulai jam 13.00 wib -selesai dan dimeriahkan drumband dari PAC Gempol, sedang untuk pengamanan dan kelancaran arus lintas jalan dari Lantas Polsek Gempol yang dipimpin langsung oleh bapak Kanit Lantas bapak IPTU Endik dibantu oleh rekan -rekan Banser Gempol.

Dalam acara tersebut diatas Calon kepala desa Karang Rejo Mukhamad Jainul.S.T bersama keluarga turut berpartisipasi memeriahkan acara Festival Karnaval Budaya Ruwah dusun Legupit desa Karang Rejo kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan.

Pada saat sebelum acara dimulai (24-09-2023) tim media harian merdeka post menemui Bapak Mukhamad Jainul,S.T untuk konfirmasi tentang ke ikut sertaannya sebagai peserta, beliau menjelaskan bahwa kami sebagai warga dusun Legupit RT 03 ya hukumnya wajib untuk mendukung sepenuhnya setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Ketua pelaksana teknis kewilayahan dusun Legupit bersama jajarannya. Tuturnya!!

Dan ketika awak media bertanya tentang apakah ke ikut sertaannya ini karena mencalonkan kembali sebagai calon kepala desa Karang Rejo untuk periode 2023- 2029 , beliau menjelaskan tegas bahwa kami sekeluarga turut serta berpartisipasi dalam memeriahkan acara Festival Karnaval Budaya ini tidak ada kaitan dengan adanya kami mencalonkan kembali tapi sebagai warga RT 03 dusun Legupit ,satu hal yang perlu diketahui dan dipahami oleh semua pihak sejak dulu baik sebelum menjabat sebagai kepala desa Karang Rejo dan ketika menjabat hingga sekarang ini kami memang selalu semawrung (akrab) dengan semua warga di dusun Legupit dan kami senantiasa melibatkan diri di tiap kegiatan yang diselenggarakan oleh dusun Legupit. Tegasnya!!.

Kemudian awak media juga menemui salah satu tokoh sentral dusun Legupit Bapak Suprapto sosok pengusaha sukses yang jiwa peduli lingkungan dan sosial yang tinggi asli warga pribumi setempat untuk meminta komentar tentang Festival Karnaval Budaya Ruwah dusun Legupit yang sangat meriah ini, beliau menjelaskan Kami betul -betul bangga dengan warga dusun Legupit yang begitu semangat dan antusias sekali dalam berpatisipasi untuk memeriahkan Festival Karnaval Budaya Ruwah dusun Legupit dan yang jelas pelaksanaan untuk tahun ini lebih meriah dibanding dengan tahun tahun sebelumnya karena di ikuti kurang lebih 900 orang peserta dari semua warga dusun Legupit.
Dan karena Ruwah dusun ini merupakan satu bentuk upaya melestarikan budaya leluhur,maka kami berharap dapat menjadi agenda rutin tahunan yang berkelanjutan dan untuk tahun depan dapat diselenggarakan lebih baik dan meriah. Tuturnya!!.

Dan awak media juga menyempatkan waktu untuk menemui kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Legupit yang akrab disapa Gus Zakky (24-09-2023) untuk meminta komentar, menjelaskan kami baik selaku pribadi dan kawil mengucapkan terima kasih kepada semua warga dusun Legupit juga semua pihak atas segala partisipasi yang diberikan hingga acara Festival Karnaval Budaya Ruwah dusun Legupit dapat terselenggara dengan lancar dan sukses dengan jumlah peserta terbanyak sepanjang sejarah dusun Legupit menyelenggarakan giat ruwah dusun selama ini.
Sedang dasar dan tujuan diselenggarakannya acara rutin ruwah dusun ini adalah untuk melestarikan budaya leluhur dengan tujuan utama untuk meningkatkan sikap saling asah asoh dan asih antar warga dusun Legupit. Tuturnya !!.
(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *