Meriahkan Bulan Kelahiran Bung Karno, Belasan Event Disiapkan Pemkab Sumenep

Berita, Daerah616 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Bulan Juni merupakan salah satu bulan yang cukup bersejarah untuk Indonesia, selain karena Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, bulan juni juga merupakan hari lahir sang proklamator indonesia, Dr. Ir. H. Suekarno.

Untuk mengenang sekaligus merayakan lahirnya sang proklamator, Pada bulan juni 2024 ini Pemerintah Kabupaten Sumenep akan melaksanakan 14 event yang dikemas dengan tema Bulan Bung Karno pada bulan Juni ini.

“Sedikitnya ada 14 event yang akan dilaksanakn Pemkab Sumenep dengan tema Bulan Bung Karno pada bulan Juni ini,” kata Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan

saat membacakan laporan kegiatan pada acara Do’a Untuk Sang Proklamator yang berlangsung di depan  Labeng Mesem, Pendopo Agung Keraton, Sabtu (01/06/2024) malam.

Menurut Iksan, bulan Juni memiliki sejarah tersendiri bagi Indonesia karena pada bulan tersebut terjadi beberapa momen penting yang melibatkan sang proklamator.

Di antaranya, Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, Hari Lahir Bung Karno pada 6 Juni dan Hari Wafat Bung Karno pada 21 Juni.

“14 event tersebut kita laksanakan dengan tujuan mengenang perjuangan sang proklamator sekaligus sebagai pemicu bagi para generasi bangsa untuk meneladani dan meneruskan perjuangannya,” kata Iksan menuturkan.

Senada dengan hal itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, kegiatan event yang dilaksanakan pemkab Sumenep pada bulan juni ini sebagai upaya meneladani perjuangan sang proklamator.

“Saat ini kita bisa duduk bersama dalam situasi yang nyaman dan kondusif, tidak seperti pada jaman penjajah,” ucap orang nomor satu di Sumenep ini.

Diktakan oleh Bupati, Bung Karno merupakan salah satu dari sekian pahlawan yang memiliki jasa besar terhadap bangsa Indonesia.

Menurutnya, selain karena perjuangannya, hal lain yang tak kalah penting yang harus diingat dari Bung Karno ialah gagasan dan pemikirannya.

“Salah satu dari gagasan tri sakti Bung Karno, diantaranya berdaulat secara politik. Sehingga dengan diplomasinya mampu membuat negara lain mengakui kedaulatan Indonesia sehingga bisa merdeka,” tegas Bupati Fauzi.

Oleh sebab itu, Bupati Sumenep berharap dengan dilaksakanya rentetan event pada bulan juni ini dapat menjadi pemicu bagi generasi bangsa dalam meneladani Bung Karno, serta menjadi wadah dalam merawat kebudayaan.

“Semoga beberapa event pada bulan Bung Karno ini dapat berjalan lancar. Selain untuk ajang mempromosikan wisata dan merawat kebudayaan, event tersebut juga memiliki tujuan untuk memajukan pelaku UMKM yang ada di Sumenep,” tandasnya. (*\Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *