Menang Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Regional Timur sebagai Juara 3, Pasar Pagi Warmon Kabupaten Sorong Membuktikan Bahwa Pasar Tradisional di Papua Barat Daya Dikelola dengan Baik

Harianmerdekapost.com.,Jakarta
Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM, Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes dengan didampingi Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, Ema Setyawaty, S. Si., Apt., ME dalam rangkaian kegiatan Pertemuan Teknis Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman Tahun 2023 menyerahkan piagam penghargaan dan piala kepada para pemenang Lomba Desa Pangan Aman, Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, serta Lomba Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman tingkat SD/MI, SMP/MTS,l SMA/MA yang mewakili daerah Regional Barat, Regional Tengah dan Regional Timur. Kamis (19/10/2023)wit Kepala BPOM Papua Barat Agustince Werimon, S.Farm., Apt. selaku Balai pembina Pasar Warmon Saat ditemui Wartawan Harianmerdekapost.com mengatakan.

Pada kesempatan ini Pasar Pagi Warmon, Kabupaten Sorong, Papua Barat berhasil meraih juara 3 Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Regional Timur,

setelah dilakukan penilaian oleh perwakilan juri dari tiga lembaga/kementerian yaitu Badan POM, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada pertengahan Maret lalu.

Badan POM telah menginisiasi program dan kegiatan di bidang keamanan pangan yang berbasis masyarakat yaitu Program Desa Pangan Aman, Program Pasar Pangan Aman Berbasis serta Sekolah dengan PJAS Aman.

Program ini diintegrasikan melalui kegiatan Germas Sapa, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman yang diluncurkan pada tahun 2017 oleh Menko PMK yang dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

Balai POM Manokwari aktif melakukan pendampingan pasar pangan aman sejak tahun 2014 dengan melatih fasilitator pasar yang terdiri dari pengelola pasar, perwakilan Disperindag sebagai instansi yang membawahi pasar serta perwakilan pedagang. Kepada fasilitator diberikan rapid test kit agar dapat melakukan pengawasan mandiri. Pasar Pagi Warmon adalah salah satu pasar yang didampingi dan diintervensi keamanan pangan pada tahun 2022.(Amatus Rahakbauw/K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *