Lomba Gerak Jalan HUT Ke-78 RI di Mimika Usai Malam Hari

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Panitia Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (RI), menyelenggarakan Lomba Gerak Jalan yang diikuti oleh 119 regu, berlangsung berita ini dilansir dari mimikakab.go.id. Selasa (08/08/2023), start dari halaman Gedung Eme Neme Yauware, Timika.

Ada 24 SMP yang mengirimkan regu gerak jalan, sedangkan SMA/SMK ada 29 regu, dan sisanya regu gerak jalan umum, yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kelompok, kerukunan, organisasi, bahkan dari asosiasi penjahit dan ibu-ibu jemaat gereja.

Penjabat (Pj.) Bupati Mimika, Valentinus S. Sumito, S.IP., M.Si., melepas rombongan pertama regu gerak jalan dari SMP Koperapoka I pada pukul 12.30 WIT, didampingi ketua panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Mimika, Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda.

Pada arahan saat melepas peserta gerak jalan, Pj. Bupati Mimika mengucapkan terima kasih atas partisipasi peserta. Tak lupa ia mengajak masyarakat untuk turut serta berkontribusi memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Pj. Bupati Mimika juga mengingatkan panitia dan juri lomba gerak jalan, sebab jumlah peserta yang berpartisipasi pada tahun ini sangat banyak.

“Antusias peserta luar biasa. Panitia dan juri harus jeli melihat para peserta. Jangan sampai ada yang komplain. Sebab semua regu punya potensi untuk menang,” ujarnya.

Ia berpesan pada peserta, “Mari junjung tinggi sportivitas dan rasa nasionalisme dalam berlomba. Tunjukkan penampilan dan kreativitas yang terbaik. Jadilah pejuang yang tangguh dengan berlomba hingga sampai garis finish, serta jadi pemenang yang berprestasi.”

Kemudian masing-masing regu menyuguhkan penampilan gerak jalan indah di hadapan juri, Pj. Bupati Mimika, pimpinan OPD dan Forkopimda, mulai dari kategori SMP, SMA/SMK dan umum, disaksikan dengan penuh perhatian oleh Pj. Bupati Mimika dan undangan, hingga semua peserta selesai tampil, untuk kemudian bergerak keluar halaman gedung Eme Neme Yauware.

Rute yang ditempuh peserta gerak jalan yaitu start dari Eme Neme Yauware, menuju Jl. Budi Utomo, belok ke Jl. Hasanudin, menuju Jl. Yos Sudarso, berbelok Jl. Belibis dan berakhir di halaman gedung Eme Neme Yauware kembali.

Cuaca terik tidak mematahkan semangat peserta gerak jalan mengelilingi kota Timika, dengan sambutan yang meriah dari warga kota Timika sepanjang rute yang dilalui, hingga peserta terakhir finish di halaman gedung Eme Neme Yauware pada pukul 20.30 WIT.

Penilaian yang dilakukan juri, selain kekompakan tim, dilihat dari seragam dan gerakan, juga variasi gerakan, kerapian dan keutuhan barisan, serta yel-yel regu.

Seperti lomba-lomba sebelumnya, pelaksanaan gerak jalan kali ini juga mendapat dukungan dari pihak kepolisian, Satlantas, Dinas Perhubungan, serta tim kesehatan dari puskesmas, juga PSC 119 dan RSUD Mimika yang menyiapkan masing-masing 1 unit ambulans, lengkap dengan dokter dan perawat.

dr. Ferdy dari PSC 119 mengatakan, selama pelaksanaan lomba, baru pada saat karnaval ada yang harus dirujuk ke puskesmas terdekat yakni puskesmas Timika. Ia berharap selama pelaksanaan lomba, semua berjalan aman.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *