Kunjungan Camat Gempol ke Lahan Area Wisata Edukasi Pertanian di Dusun Tugu Desa Kepulungan

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Pada hari rabu tanggal (13-12-2023) jam 13.00wib – selesai , Camat Gempol yang akrab disapa Aba H Qomari melakukan kunjungan kerja ke area lahan Wisata Edukasi Pertanian yang mulai di kerjakan untuk tahap 1.

Dalam kunjungan tersebut didampingi kepala desa Kepulungan Bapak Didik SH, MH dan sekdes serta perangkat desanya.

Setelah tiba di lokasi kepala desa Kepulungan yang akrab disapa Gus Didik menjelaskan bahwa pemdes Kepulungan pada tahun 2024 mempunyai perencanaan yang sudah terkonsep secara masif dan kajian lapangan serta sudah melalui proses prosedur persyaratan sesuai regulasi yang ada mau membangun Wisata Edukasi Pertanian.

Untuk pekerjaan tahap 1 pada hari minggu tanggal (03 – 12 – 2023) kami bersama poktan lintas dusun se desa Kepulungan telah melakukan giat Grebek bersih – bersih dari saluran sungai di dusun Tamanan sampai saluran sungai yang ada di dusun Kabunan.

Dan pada hari senen tanggal (11-12- 2023) kami mulai melakukan pemerataan lahan dengan menggunakan alat berat pada lahan TKD yang terbengkalai yang menurut rencana akan kami bangun untuk taman desa dan pusat kuliner sebagai pelaksanaan tahap 1 untuk Wisata Edukasi Pertanian di dusun Tugu desa Kepulungan ini. Pada intinya untuk pekerjaan tahap 1 Setelah kami kerjakan pemerataan lahan kami lanjut dengan perindangan yakni penanaman ragam pohon yang bernilai maslahat dan mempunyai nilai jual kemudian akan kami bangun beberapa stan yang berbudaya Bali.

Dasar dan tujuan menyajikan karya nyata Wisata Edukasi Pertanian sebagai satu bentuk langkah nyata untuk mewujudkan Desa Kepulungan yang berdaya dengan ragam wisata desanya dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup warga desanya melalui kepariwisataan dari potensi desa yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah sisi ekonomi kreatif yang berbasis desa dengan standar bersih,aman, nyaman dan representatif serta dapat memperluas lapangan kerja buat warga desa Kepulungan.
Secara kongkritnya bahwa Wisata Edukasi Pertanian kalau di ijabah Allah terealisasi ada tempat bermain untuk anak -anak, sebagai pusat kuliner produk unggulan para pelaku UMKM desa Kepulungan, tempat Selfi yang berlatar belakang gunung Penanggungan dan Arjuno serta wisata air berkeliling area wisata Edukasi Pertanian dengan melihat keindahan alam yang ada.
Wisata Edukasi Pertanian dapat pula didayagunakan sebagai sarana out Bond bagi para peserta didik dari strata TK sampai SMA/SMK untuk lembaga pendidikan yang ada di wilayah kecamatan Gempol maupun yang ada di kabupaten Pasuruan. Tuturnya!!.

Pada saat rehat,Tim media harian merdeka post menemui Bapak Camat Gempol yang akrab disapa Aba H Qomari untuk meminta komentar, beliau menjelaskan Kami sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada kepala desa Kepulungan atas program kreatifnya yang mampu menjadikan lahan yang tidak produktif menjadi produktif dan memberikan multi Maslahat manfaat buat warga desanya Kami lihat posisi lahannya sangat strategis dan cocok sekali bila didayagunakan sebagai Wisata Edukasi Pertanian,kami selaku kepala wilayah kecamatan Gempol sangat mendukung dan memberi support sepenuhnya. Jelasnya !!.
(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *