Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan Adakan Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bangkalan

Berita, Daerah, Politik365 Views

Harianmerdekapost.com, Bangkalan-Jatim,- Sebanyak 90 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bangkalan resmi dilantik, yang digelar di Gedung Ratoh Ebuh, Jalan A. Yani, Bangkalan, pada Kamis, 16 Mei 2024. Acara pelantikan merupakan bagian dari persiapan menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan yang akan diselenggarakan pada tahun 2024.

Dalam acara pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan yang diwakili oleh Komisioner KPU Munir. Turut dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangkalan, yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Komisioner Munir menyampaikan, “PPK mempunyai peran penting dalam menyukseskan proses demokrasi khususnya di tingkat kecamatan. “Keberadaan anggota PPK sangat vital dan mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum di tingkat kecamatan, Karena tugas yang diemban oleh saudara-saudara sekalian sangat berat, namun mulia. Integritas, profesionalisme, serta netralitas harus selalu diutamakan dalam setiap langkah,” terang, Munir.

Munir menekankan,” bahwa pelantikan ini bukan sekadar seremonial, tetapi merupakan awal dari komitmen besar untuk menjaga demokrasi yang sehat dan kredibel. Setiap anggota PPK harus memahami tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) karena pada dasarnya mereka memikul tanggung jawab besar dalam memastikan pemilihan berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. Mari bersama-sama kita wujudkan pemilihan yang berkualitas dan bermartabat,”

Menambahkan, kami (Munir) Selain itu, mengajak seluruh anggota PPK untuk terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Pemerintah Daerah dan aparat keamanan, guna menciptakan situasi yang kondusif selama proses pemilihan. “Kerjasama dan komunikasi yang baik antar semua pihak sangat penting untuk kelancaran dan keamanan proses pemilihan ini,” tegas, Munir.

Dalam acara prosesi pelantikan tersebut, 90 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bangkalan, di ambil sumpah serta tanda tangannya. Acara berakhir sekitar pukul 12.00 wib.

(PD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *