Kemenag Banyuwangi Gelar Pemantapan Kepada Ketua Regu dan Ketua Rombongan Ibadah Haji 2024

Harianmerdekapost.com, Banyuwangi, Jatim – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyuwangi menggelar pemantapan kepada 155 orang yang bertugas Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) Ibadah Haji 2024 yang juga dihadirkan Ketua dan Pembimbing Ibadah Kloter 57, 58 dan 59.

Selain itu, dalam pemantapan tersebut, Kemenag memberikan pembekalan agar Karu dan Karom dapat mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing. Sehingga perjalanan ibadah haji kelompok terbang (kloter) 57, 58, 59 asal Banyuwangi serta kloter 60 yang bergabung dengan rombongan Sidoarjo dapat berjalan lancar.

“Kita perlu memahami dan menghayati bahwa tugas ketua regu dan ketua rombongan ini adalah bagian dari ibadah. Semakin melayani jamaah haji maka pahala mereka semakin besar,” pesan Kepala Kantor Kemenag Kab. Banyuwangi, Chaironi Hidayat pada awak media

dalam kesempatan itu,Chaironi juga mengingatkan bahwa petugas dan peserta ibadah haji harus menjaga kekompakan untuk menghindari perselisihan selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

Untuk diketahui, persiapan pemberangkatan jamaah haji di Banyuwangi mencapai 80 persen jelang pemberangkatan pada 25 Mei 2024.

Lebih lanjut, Kemenag juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk penyediaan transportasi jamaah haji Banyuwangi menuju asrama haji Surabaya termasuk konsumsi selama perjalanan.

Dengan seluruh persiapan yang dilakukan, Chaironi berharap pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman dan lancar serta seluruh jamaah dapat kembali ke Banyuwangi sebagai Haji Mabrur. Setelah pemantapan secara umum, Karu dan Karom dikumpulkan oleh masing-masing Ketua Kloter untuk saling lebih mengenal dan melakukan rapat awal sebelum pemberangkatan.

“Kita koordinasikan semua masalah yang mungkin timbul, yang pada intinya bagaimana jamaah haji bisa sman dan nyaman,” kata Syafaat,Ketua Kloter 58.

Pada kesempatan tersebut juga diingatkan tentang barang bawaan yang diperbolehkan selama penerbangan, serta warna identitas kopor sesuai dengan ketentuan yang dudah di tetapkan. ( kus )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *