Kepedulian Kesehatan Balita, Babinsa Kedungjajang Dampingi Bidan Desa Kegiatan Posyandu

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim –  Kedungjajang Posramil 0821/05 Kedungjajang Serma Jianto melaksanakan pendampingan kegiatan monitoring kesehatan warga, bertempat di Posyandu Nusa Indah Dusun Krajan Desa Kedungjajang Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (24/10/2023).

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan yang diselenggarakan oleh bidan desa kepada masyarakat dibantu oleh petugas kesehatan dari puskesmas dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi balita serta untuk menekan angka kematian bayi lima tahun (balita) dan ibu hamil di wilayah.

Dalam kesempatan itu, Serma Jianto mengatakan, bahwa kehadiran pendampingan bersama Bidan desa, merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan setipa bulan, bertujuan untuk membantu kelancaran kegiatan serta melakukan imbauan kepada masyarakat untuk memanfaatkan Posyandu.

“Dengan kegiatan ini, kami mengimbau kepada masyarakat khususnya kepada ibu-ibu yang memiliki balita dan ibu hamil, agar datang mengikuti Posyandu serta memeriksakan kesehatan balita dan kehamilannya secara berkala, untuk itu kami melaksanakan pendampingan, sebagai wujud kepedulian kami terhadap kesehatan masyarakat binaan kami,” kata dia.

Adapun kegiatan Posyandu tersebut, sebanyak 17 Balita dan 10 Ibu hamil yang mendapatkan pelayanan kesehatan, dan pemberian makanan tambahan secara gratis dari petugas Posyandu.

Hal yang sama, Bidan Desa Kedungjajang Rosda Zamzami, Amd.Keb., mengatakan kegiatan posyandu yang diselenggarakan di lingkungan, dengan memberikan pelayanan meliputi penimbangan balita, pengukuran tinggi badan balita, imunisasi, pemberian makanan tambahan gizi dan pemberian vitamin untuk balita serta pemeriksaan ibu hamil.

“Kegiatan ini merupakan program pemerintah, sebagai tujuan menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *