Kapolres dan Dandim Lumajang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2023

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Kapolres Lumajang AKBP Boy Jecson Situmorang S.H., S.I.K., M.H., bersama Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2023 bertempat di halaman Mapolres Lumajang Jawa Timur, Senin (10/7/2023)

Operasi Patuh Semeru yang mengusung tema “Patuh dan tertib berlalu lintas, cermin moralitas bangsa” tersebut, akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 10 hingga 23 Juli 2023 mendatang.

Dalam amanat Kapolda Jatim yang dibacakan Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang mengatakan berdasarkan data dari Ditlantas Polda Jatim angka kecelakaan lalu lintas pada periode Januari sampai dengan Mei secara kuantitatif mengalami kenaikan yang cukup tinggi dibandingkan dengan periode yang sama yaitu sebesar 11,88 %.

“Angka pelanggaran juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Untuk itu dalam menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, perlu dilakukan penindakan secara tegas dan terukur terhadap pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa perkembangan transportasi telah memenuhi era digital dan modernisasi, oleh karena itu perlu diimbangi dengan inovasi dan peningkatan kinerja polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang timbul dari modernisasi transportasi, salah satunya dengan mengembangkan penerapan e’tilang melalui kegiatan E’Tle dan Incar.

Selain itu, dijelaskannya bahwa dalam operasi tersebut akan memfokuskan penindakan pada beberapa pelanggaran berlalu lintas. Seperti penggunaan helm, melawan arus, mengangkut anak di bawah umur, menerobos lampu merah, serta penggunaan kendaraan pribadi dengan sirine rotator strobo.

“Pelanggaran terkait kendaraan seperti knalpot brong, dan penggunaan TNKB, yang tidak sesuai dengan ketentuan juga akan mendapat sanksi, meskipun begitu kami tetap mengedepankan tindakan edukasi dan humanis,” tegasnya

Sementara itu, usai kegiatan apel Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., mengatakan TNI khususnya Kodim 0821/Lumajang sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan Operasi Keselamatan Patuh Semeru 2023, karena mengingat sangat pentingnya keselamatan berlalu lintas khususnya diwilayah Kabupaten Lumajang.

Dandim juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tertib berlalu lintas guna menekan kasus kecelakaan dalam berkendara di jalan raya.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Patuh Semeru 2023 ini, dapat mengedukasi masyarakat, guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam berlalu lintas, sehingga mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta menekan faktor kecelakaan dalam berkendara,” pungkasnya (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *