Jaga Kerusakan Tanah, Babinsa Sawaran Lor Bersama Warga Gotong Royong Bangun Pondasi Penahan Longsor.

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Babinsa koramil Desa Sawaran Lor 0821/05 KLakah Koptu Danang Prayitno bersama warga, melaksanakan kegiatan karya bakti pembangunan pondasi penahan longsor di aliran sungai Dusun Krajan Desa Sawaran Lor Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan tersebut, merupakan program pemerintah desa, dalam menjaga dan kerusakan akibat longsor dan abrasi, pondasi difungsikan untuk mencegah dan menahan tanah di sepanjang aliran sungai, sebelum musim penghujan datang.

Dalam kesempatan itu, Koptu Danang mengatakan, bahwasanya kegiatan tersebut merupakan program pemerintah desa Sawaran Lor, dalam mengantisipasi dampak yang disebabkan tanah yang labil dan mudah longsor, yang berakibat kepada rumah maupun pekarangan masyarakat.

“Keberadaan pondasi penahan ini dibangun, sebagai tujuan untuk mengantisipasi yang nantinya dapat melindungi area pekarangan maupun rumah warga yang berada di ketinggian, oleh karena itu dengan dibangunnya pondasi penahan ini, untuk mengurangi kekhawatiran warga,” kata dia.

Dirinya berharap, dengan kegiatan tersebut, diharapkan kepada masyarakat yang berada disepanjang aliran sungai, untuk saling menjaga dengan tidak membuang sampah disungai.

“Semoga setelah rampung pembangunan pondasi penahan ini, kami himbau kepada masyarakat yang rumahnya berada disekitar sungai, untuk menjaga dan merawat pondasi tersebut secara bergotong-royong, selain itu, pembangunan pondasi ini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga sekitar,” harapnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *