Hardiknas, Bupati Sumenep Ajak Para Guru untuk Didik Karakter Siswa

Berita, Daerah1641 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, Selasa (02/05/2023).

Kegitan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati tersebut diikuti oleh rarusan guru yang tersebar diberbagai wilayah Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep mengajak seluruh tenaga pendidik agar menjadikan momintum Hardiknas sebagi pemicu semangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumenep.

“Guru memiliki peranan penting dalam mecetak generasi bangsa, oleh sebab itu kami harap kepada seluruh tenaga pendidik agar tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan semata dalam proses pembelajaran, namun juga mendidik karakter peserta didik,” ujarnya.

Dikatakan oleh Bupati, seiring dengan perkembangan zaman, dunia pendidikan senantiasa mengikuti perubahan yang berdampak kepada karakter siswa, sehingga para guru harus mampu mencetak pembentukan karakter siswa, yang memiliki jiwa nasionalis, religius, gotong royong, integritas dan mandiri.

“Guru mempunyai peran teramat besar membentuk karakter dalam dunia pendidikan, jadi perannya sama dengan orang tua untuk mendidik siswa-siswanya agar menjadi anak yang berilmu dan berakhlakul karimah,” tegas Bupati

Oleh karena itu, politisi PDIP ini sangat berharap agar para tenaga didik tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan melainkan juga harus bisa memotivasi, menggerakkan dan menjadi teladan bagi anak didiknya, sebagai kekuatan membangun mutu dunia pendidikan berkualitas.

“Di era digital seperti saat ini, siswa sangat mudah mengakses berbagai ilmu dan informasi, yang terkadang bisa merusak karakternya, maka dari itu keberadaan guru sangatlah penting dalam memfilter dan menangkal hal-hal yang sekiranya merusak karakter siswa lewat konten-konten yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya.(*,Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *