Gus Ipul Titip Doa Agar Kota Pasuruan Diberikan Berkah, Saat Lepas Jama’ah Haji

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melepas ratusan jemaah haji berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji, Rabu (22/5/2024).

Seremonial pelepasan jemaah haji dilakukan di Gedung Kesenian Darmoyudo. Ada 250 jemaah asal Kota Pasuruan yang tergabung dalam kloter 46 dilepas pagi ini.

“Selamat jalan bapak ibu semuanya. Semoga perjalanan dan rangkaian ibadah hajinya berlangsur lancar, tanpa kendala,” kata Gus Ipul, sapaan akrab Walikota Pasuruan.

Dia mengingatkan, jangan lupa saudara dan kerabatnya dido”akan agar dimudahkan sekaligus diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah haji.

“Bapak, ibu, saya juga titip, mohon Kota Pasuruan didoakan agar semakin maju, warganya semakin sejahtera dan kalau bisa penuh berkah,” paparnya.

Jika bisa, keberkahannya sama dengan Kota Madinah dan Kota Makkah. Beberapa tahun terakhir, Kota Madinah dinobatkan sebagai kota terbersih di dunia.

“Tata kelolanya baik sekali. Kebersihannya juga terjaga. Mudah – mudahan, budaya hidup bersih di Madinah juga bisa diterapkan di Kota Pasuruan,” imbuhnya.

Gus Ipul juga menyebut, Pemkot memang sengaja membuat acara pelepasan jemaah haji yang megah dan semeriah ini.

“Terima kasih Kemenag Kota yang sudah menyebut bahwa tidak ada pelepasan jemaah haji semeriah ini selama ini. Ada live music, dan sebagainya,” sambung dia.

Menurut Gus Ipul, ini bukti bahwa Pemkot selalu hadir untuk kepentingan masyarakat. Ia menyampaikan, ini adalah semacam pemberian penghargaan untuk jemaah haji.

Dia juga menyiapkan layanan yang ramah lansia karena memang Kemenag mencanangkan program haji ramah lansia. Ini berkat kerjasama Kemenag Kota dan Kabupaten.

“Allhamdulillah semua persiapannya lancar. Sejumlah jemaah lansia juga kita siapkan hiace sebagai kendaraan khusus,” urainya.

Gus Ipul juga mengingatkan kepada semua jemaah untuk mengikuti aturan dan ketentuan yang sudah ada . Jaga fisik dan kondisi agar tetap bisa menjalankan ibadah haji dengan aman dan tenang.

Abdulloh Fahmi Salam, Ketua Forum Komunikasi Bimbingan Ibadaha Haji Kota Pasuruan menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Pasuruan dan Kementrian Agama.

Menurutnya, kolaborasi dan kerjasama pemerintah dalam menyiapkan semua kebutuhan jemaah haji indonesia 1445H/2024M selama haji sangat luar biasa sekali.

Apalagi, kata Gus Fahmi, sapaanya, ada layanan – layanan yang itu semuanya diharapkan bisa memudahkan jemaah haji. Misalnya, layanan jemaah haji lansia.

Dia menyebut, Ini adalah bukti pemerintah hadir dalam mendampingi dan melayani jemaah haji lansia. Tahun ini jemaah haji lansia ada pendampingnya khusus.

“Dan itu artinya jemaah haji lansia akan bisa melaksanakan ibadah haji dengan aman, dan nyaman. Mudah – mudahan, semuahnya menjadi haji yang mabrur,” tutupnya…izz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *