Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Melaksanakan Program Pembinaan Dan Mengukuhkan Pokdarwis Satria Majura Desa Kejapanan Yang di Hadiri HM Elyas, S.H.

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka menggali potensi dan pengembangan sektor pariwisata di tiap desa di tiap kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Pasuruan demi mempercepat pertumbuhan perkembangan ekonomi kreatif inovatif yang berbasis desa,Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan tanpa kenal lelah selalu turba ke desa -desa untuk melakukan pembinaan kepada Pokdarwis untuk mewujudkan desa wisata yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah sisi ekonomi kreatif yang berbasis desa dengan tujuan utamanya bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa.

Dan pada hari Jum’at ( 04-08-2023) Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan giat Pembinaan dan serah terima SK Pengukuhan pengurus Pokdarwis Satria Majura Desa Kejapanan.


Giat tersebut dilaksanakan di aula pertemuan kantor desa Kejapanan, dimulai jam 09.00wib – selesai.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh HM Elyas SH anggota DPRD kabupaten Pasuruan komisi 3 dan ketua fraksi partai Gerindra yang merupakan mitra dari Dinas Pariwisata.
Untuk diketahui semua pihak bahwa HM Elyas SH adalah mantan kepala desa Kejapanan yang merakyat dan merupakan pribadi yang punya rasa kepedulian sangat tinggi atas ragam keluhan warga desa Kejapanan hingga menjadi anggota DPRD kabupaten Pasuruan sekarang ini.
Dan terkait adanya program sektor wisata di desa Kejapanan beliau sangat mendukung sekali karena tujuan utama dari program tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa Kejapanan.

Pada sesi acara sambutan kepala desa Kejapanan Rendi Saputra menyampaikan bahwa pemerintah desa Kejapanan lewat Pokdarwis Satria Majura dan Bumdes desa Kejapanan telah melakukan persiapan dan kesiapan segala ugo rampe di lokasi desa wisata Kejapanan di dusun Pandean desa Kejapanan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan yang launchingnya di rencanakan bulan Oktober 2023 nanti. Tutur nya !!.
Dan mohon perkenan kepada bapak Kadis Pariwisata Kabupaten Pasuruan sebelum launching nanti Pokdarwis Satria Majura Desa Kejapanan dapat diberikan peluang untuk melakukan studi tiru tentang sisi managerial dan tata kelola kepada desa wisata yang telah berhasil. Tambahnya !!.

Sedang dalam sambutan arahan singkat yang disampaikan oleh HM Elyas SH anggota DPRD kabupaten Pasuruan komisi 3 yang notabene juga ketua fraksi partai Gerindra menyampaikan beberapa hal penting, beliau berpesan kepada kepala desa Kejapanan , Untuk melaksanakan program pemerintah desa hendaknya satu persatu dan fokus bila ingin berhasil ya seperti program desa wisata ini, dan khusus untuk program desa wisata Kejapanan supaya disediakan juga tempat pusat oleh oleh ragam kuliner dan produk lainnya dan atau bisa memanfaatkan area gedung pia sebagai pusat oleh oleh kulinernya supaya Maslahat, perihal ini untuk mempercepat proses pertumbuhan laju ekonomi kreatif yang berbasis desa supaya dapat meraih tujuan mulia bersama yakni desa Kejapanan maju dan rakyatnya sejahtera.
Yang terakhir mumpung ada bapak Timbul Jaya, kami bantu anggaran dari pokir untuk studi tiru Pokdarwis Satria Majura Desa ke desa wisata Tonggo yang ada di Klaten Jawa Tengah sebagai bentuk motivasi dan kecintaan terhadap warga desa Kejapanan. Ungkapnya!!.

Terkait sambutan arahan singkat yang disampaikan oleh Kadis Pariwisata Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati sebelum menyerahkan SK Pengukuhan pengurus Pokdarwis Satria Majura Desa Kejapanan bahwa kunci keberhasilan dalam mewujudkan desa wisata itu harus terjalin sinergisitas antara pemerintah, rakyat dan para pelaku usaha.Tuturnya !!.

Ketika acara usai Tim media harian merdeka post menemui kepala dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati tentang pembinaan kepada Pokdarwis sebagai kelompok sadar wisata yang ada di wilayah kabupaten Pasuruan Pasuruan untuk mengembangkan sektor wisata , menjelaskan Pokdarwis ditiap desa harus mengidentifikasi potensi yang ada di desa nya masing-masing untuk dapat diwujudkan sebagai desa wisata dan kunci keberhasilan dalam mewujudkan desa wisata sebagaimana yang telah saya sampaikan dalam sambutan arahan tadi yakni harus ada kerja sama antara pemerintah, rakyat dan pelaku karena pengembangan desa wisata ini tujuan utamanya sebagai salah satu langkah terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan warga yang ada di tiap desa dengan mengembangkan ekonomi kreatif inovatif yang berbasis desa. Jelasnya !!!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *