Dandim 0821 Lumajang, Pastikan Netralitas  TNI Dalam Pemilu 2024

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T. M.M., tegas menginstruksikan pada seluruh jajarannya agar tetap konsisten dan menjaga netralitas dalam pemilihan umum (pemilu) serentak Tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut ia sampaikan pada wartawan, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Kantor Kodim 0821/Lumajang Jawa Timur, Rabu (26/7/2023).

Menurutnya, keterlibatan TNI dalam tahapan pemilu, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yakni menjaga keamanan, bersinergi dengan semua stakeholder.

“Kami pastikan TNI jajaran Kodim 0821 Lumajang netral. Sesuai dengan tugas dan kewenangan, tidak terkontaminasi oleh urusan politik,” ujarnya.

Dijelaskannya, Netral yang dimaksud adalah tidak membawa kepentingan parpol (partai politik) dan hanya bertindak atas dasar sikap profesionalisme sesuai dengan tupoksi yang dimiliki.

“Saya tegaskan itu, jika ada yang main-main dengan hal ini, sampaikan, pasti kami akan tindaklanjuti sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum yang ada,” tegas Dandim.

Selain itu, orang nomor satu di Kodim tersebut mengaku terus berupaya untuk meningkatkan sinergisitas antar stakeholder pengamanan sampai ditingkat desa yakni Linmas.

“Ini nanti akan berkolaborasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, disetiap tahapan-tahapan pemilu. Mari kita jaga dan bersama-sama mengawal jalannya pesta demokrasi ini. Buktikan kalau Indonesia khususnya Kabupaten Lumajang ini, bisa menciptakan situasi yang aman,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *