Dandim 0821/Lumajang Dampingi Bupati dan Kapolres Terima Kunjungan Tim Penilai Mabes Polri

Berita, Sosial, TNI/Polri1529 Views

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim | Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., mendampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang S.H., S.I.K., M.H., menyambut kedatangan Tim Penilai Mabes Polri di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Kamis (22/6/2023).

Kunjungan dalam rangka Lomba Tiga Pilar tingkat nasional dipimpin oleh Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen. Pol. Muhammad Rudy Syarifudin, S.I.K., S.H. didampingi Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Tat Nugroho, S.I.K., S.H., Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep I. Rosadi, M.P.A.

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang menyampaikan, keamanan bukan sekedar urusan Polri dan TNI saja, namun keamanan menjadi urusan bersama dan dimulai dari desa hingga terbentuk Satgas Keamanan Desa (SKD).

“Kita betul ada Linmas, tetapi kita ingin ada kekuatan yang lebih dari sekedar Linmas. Maka, Satgas Keamanan Desa kita putuskan untuk dibentuk dengan pembiayaan yang bisa diambilkan dari dana desa,” ujarnya.

Selanjutnya, jajaran Forkopimda juga memiliki keputusan untuk setiap desa harus memiliki CCTV yang diambilkan dari dana desa. Saat ini di semua desa sudah terpasang CCTV di sudut-sudut lokasi yang rawan dengan tindak kriminalitas.

“Kami akan terus mengoptimalkan seluruh potensi, sehingga problem kami dulu punya angka kriminalitas tinggi. Hari ini, Alhamdulillah sangat kondusif bahkan angka kriminalitas di Sumbermujur ini sangat terjaga, karena kita bersama-sama jaga keamanan. Kita punya prinsip berpikir bahwa keamanan menjadi urusan kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Ketertiban Masyarakat Korps Pembinaan Masyarakat Baharkam Polri Brigjend Pol Muhammad Rudy Syarifuddin menjelaskan, Tim Penilai Mabes Polri datang ke Desa Sumbermujur guna melihat secara langsung kegiatan tiga pilar yang dilakukan di desa tersebut.

“Tiga pilar ini akan dipertandingkan skala nasional, yang nanti akan diumumkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Polri ke – 77. Kami melihat desa ini merupakan desa yang patut dicontoh di nasional nantinya,” ungkapnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada kepala desa Sumbermujur yang memiliki semangat luar biasa.

“Ini kami sampaikan ke Dirbinmas Polda Jatim untuk diteruskan di seluruh wilayah Polda Jatim, agar Desa Sumbermujur menjadi desa percontohan tiga pilar yang luar biasa. Semoga adanya tiga pilar ini bisa meningkatkan perekonomian bagi masyarakat desa itu sendiri,” pungkasnya. (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *