Bentuk Kepedulian Kesehatan Balita, Babinsa Giatkan Pendampingan Posyandu

Harianmerdekapost.com, Lumajang Jatim – Upaya memantau tumbuh kembang Balita, Babinsa Sukosari Koramil 0821/13 Kunir Serma Khairul Alfan, melaksanakan pendampingan kegiatan Posyandu Gerbangmas Anggrek, di Balai Desa Sukosari, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Senin (18/9/2023)

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama bersama bidan desa, dalam melakukan pendampingan untuk monitoring tumbuh kembang kesehatan Balita ke sejumlah Pos pelayanan terpadu yang ada di wilayah binaan,

Pada kesempatan itu, Khairul Alfan menyampaikan, bahwa pendampingan Posyandu tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui perkembangan kesehatan Balita maupun ibu hamil, serta sebagai upaya melaksanakan program satuan, dalam pencapaian menekan kasus stunting.

“Kami juga ikut membantu memberikan pelayanan kepada warga yang mempunyai Balita dan ibu hamil, dengan memberikan imbauan, untuk memanfaatkan posyandu disamping sebagai sarana pelayanan kesehatan dilingkungan juga sebagai tempat untuk berkonsultasi kepada bidan desa, apa yang dikeluhkan warga, untuk itu kami harap warga untuk datang ke Posyandu secara rutin,” kata dia.

Sementara itu Bidan Desa Sukosari Iin Subatih, Amd, Keb. Mengatakan, bahwasanya kegiatan tersebut merupakan program pemerintah bersama TNI AD, dalam melaksanakan kerja sama melakukan kepedulian dan perhatian terhadap kesehatan masyarakat, untuk menurunkan kasus stunting yang ada di wilayah.

“Dengan kegiatan ini, merupakan upaya melaksanakan pemantauan secara serius akan kasus stunting, Oleh karena itu Posyandu sebagai lembaga pelayanan kesehatan yang diintroduser oleh pemerintah ke pedesaan memiliki paket pelayanan minimal yang terdiri dari 5 program utama, yaitu: pelayanan keluarga berencana (KB), kesehatan ibu dan anak (KIA), imunisasi, perbaikan gizi, dan penanggulangan diare,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *