Begini Komsos Babinsa Klampokarum, Giatkan Pendampingan Kepada Warga Tani

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Upaya pendampingan dalam mewujudkan swasembada pangan, Babinsa Klampokarum Koramil 0821/15 Tekung Sertu Wawan Efendi melaksanakan Kegiatan Komsos dengan Bapak Ribut salah satu warga Petani Dusun Darungan RT 003 RW 001 Desa Klampokarum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu pembinaan pemberdayaan petani dalam meningkatkan produksi pertanian, dalam rangka mendukung program ketahanan pangan Nasional di wilayah.

Melalui pendampingan ini, Babinsa menumbuhkan rasa semangat yang tinggi terhadap para petani dalam memanen padi, bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga disaat penyemaian padi, pengolahan sawah, perawatan sampai panen padi. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa kepedulian terhadap petani.

Dalam kesempatan itu, Wawan Efendi mengatakan, kegiatan anjangsana tersebut, untuk turun langsung ke sawah sebagai wujud membantu petani dengan harapan dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam bekerja guna meningkatkan produksi pertanian.

“Ini merupakan salah satu cara kami sebagai Babinsa, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) kepada warga tani, dengan memberikan sumbangsih edukasi serta motivasi dalam peningkatan swasembada pangan di wilayah, yang mempunyai peran penting untuk menunjang perekonomian keluarga,” kata dia.

Diwaktu yang sama dikatakan Ribut salah satu petani setempat yang berada dilokasi mengatakan kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Babinsa yang selalu hadir dan memberikan motivasi kepada para petani.

“Ini bukan kali yang pertama, Pak Babinsa juga selalu mendampingi kami dari mulai proses pengolahan, penanaman, perawatan hingga masa panen pun Babinsa selalu hadir, mudah-mudahan hasil panen nantinya sesuai dengan harapan, sebagai upaya peningkatan perekonomian keluarga,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *