Bakti Sosial (Bersih Sungai, Bersih Religi, Bersih Situs Sejarah) Dalam Rangka Hari Jadi POLWAN Ke 75 Polres Pasuruan Tahun 2023

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka untuk turut serta berperan aktif meningkatkan POLRI sebagai pengayom masyarakat dan Polri yang Presisi , Polwan Polres Pasuruan pada hari selasa (15-08-2023) menyelenggarakan giat Bakti Sosial (bersih sungai,bakti religi dan bersih situs sejarah serta bagi sembako) dengan tema giat Polri yang Presisi untuk Negeri dan Polwan siap mendukung Pemilu Damai untuk menuju Indonesia Maju.

Start giat di pendopo kantor desa Bulusari dan dimulai jam 07.00wib -selesai, Sedang lokasi giat bakti sosial ada tiga titik yakni Masjid Baitussalam di dusun Pakem, Situs Saluran Kuno di dusun Blimbing dan Kali Lanang di dusun Jembrung 1.

Pada giat bakti sosial tersebut turut hadir antara lain Kabalog Polres Pasuruan Kompol Ani Hariyanti.SH dan kurang 40 personil Polwan Polres Pasuruan,Kapolsek Gempol Indro Susetio.SH, KBO Reskrim Polres Pasuruan Sunarti.SH,MH, Kanit Bimas Sukorejo Iptu Endah,Kanit Lantas Gempol IPDA Hendik,A. SH,MM, Kades Bulusari dan warga penerima manfaat ( penerima bantuan sembako).
Sedang untuk kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Pakem, Blimbing dan Jembrung 1 beserta pengurus dusun lainnya menyambut kehadiran Polwan yang melakukan bakti sosial di lokasi masing-masing.

Dalam sambutan singkat kepala desa Bulusari Hj Siti Nurhayati menyampaikan bahwa Sangat Berterima Kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dengan ketempatan sebagai giat sosial Polwan Polres Pasuruan dan kami selaku mendukung dan menerima dengan tangan terbuka bila nanti ada giat Polwan lagi .
Yang terakhir kami selalu doakan Polwan semakin sukses dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tuturnya !!!.

Sedang dalam sambutan singkat yang telah disampaikan oleh Kabalog Polres Pasuruan mewakili Waka Polres Kompol Ani Hariyanti.SH pada prinsipnya menyampaikan Terima Kasih atas sambutan yang baik dari Ibu Kades Bulusari dan berharap Polwan Polres Pasuruan dapat melaksanakan amanat profesi secara baik dan benar penuh amanah serta bisa menjadi sosok ibu yang baik dalam rumah tangga.

Pada saat bakti religi di Masjid Baitussalam di dusun Pakem Polwan Polres Pasuruan disamping bersih bersih area masjid juga memberikan bantuan semen dan sembako.

Setelah usai giat bakti sosial dilanjutkan ke titik yang kedua yakni bersih situs sejarah yang berupa saluran kuno yang berlokasi di dusun Blimbing desa Bulusari
Dan untuk dipahami sebagai pengetahuan bahwa situs sejarah Saluran Kuno yang telah ditemukan oleh Karang Taruna dusun Blimbing kurang lebih setahun yang lalu berdasarkan testimoni dari Ki Sanan Surya Shindu Patih ketua Pendaki Ritual Naga Pesik Wilwatikta (Penggiat Budaya) ketika di konfirmasi awak media harian merdeka post hari minggu (13-08-2023) via saluran seluler menjelaskan Saluran Kuno yang telah ditemukan oleh Karang Taruna dusun Blimbing kurang lebih setahun yang lalu itu, adalah sebuah situs bersejarah peninggalan nenek moyang pada masa lampau, diduga saluran air itu adalah peninggalan masa mpuh Sendok Raja Medang periode Jawa Wetan (Jawa Timur) sekaligus pendiri Wangsa Isyana dari tahun 928 Masehi/ tahun 850Syaka.” Merujuk pada prasasti Cungkrang yang juga berada di dusun Sukci desa Bulusari yang dikeluarkan oleh beliau Mpuh Sendok pada tahun 929 Masehi/ tahun 851 Syaka.Jelasnya !!!.
Dan menurut penjelasan dari pihak BPCB Trowulan Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur bahwa situs Saluran Kuno yang berlokasi di dusun Blimbing desa Bulusari kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan adalah yang terpanjang di Indonesia dan menurut Jupel HM Atim yang notabene juga Kawil Blimbing berharap kepada pemerintah daerah harus secepatnya dilakukan eskawasi lanjutan.
Sedang untuk giat bakti sosial situs sejarah melakukan penanaman bibit pohon blimbing dan bagi sembako.

Dan yang terakhir bakti sosial di sungai Lanang di dusun Jembrung 1 desa Bulusari disamping bersih -bersih sungai juga bagi sembako kepada warga yang kurang mampu dan diakhiri dengan makan siang bersama dengan perangkat dusun Jembrung 1.
Pada intinya sesuai hasil pantauan dan monitor tim media harian merdeka post yang mengikuti giat bakti sosial Polwan Polres Pasuruan dari awal berjalan dengan lancar dan sukses serta antusias warga sangat baik.(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *