Babinsa Sumbersari, Dampingi Bidan Desa Monitoring Pelayanan Kesehatan Balita di Wilayah Binaan 

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam rangka monitoring kesehatan warga, Babinsa Sumbersari Koramil 0821/16 Rowokangkung Sertu Maer Iswanto, melaksanakan kegiatan pendampingan pelayanan kesehatan, di Posyandu Asoka Dusun Bayur RT 001 RW 004 Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (21/10/2023)

Kegiatan Pendampingan Posyandu bersama bidan desa Sumbersari sebagai upaya memantau secara langsung, tumbuh kembang kesehatan warga Balita, yang ada di wilayah binaan.

Dalam kesempatan itu Maer mengatakan, bahwa Kehadirannya pendampingan bersama bidan desa, dalam rangka monitoring kesehatan Balita, ibu hamil maupun menyusui, sebagai upaya untuk memastikan kasus stunting yang ada di wilayah dapat diketahui.

“Dengan kegiatan ini, kami selaku Babinsa melakukan pendampingan kepada bidan desa, sebagai wujud sinergisitas, dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada warga Balita, sebagai langkah alternatif untuk dapat mengetahui tumbuh kembang Balita, sebagai tujuan memberikan data stunting kepada pimpinan, untuk kebijakan selanjutnya,” kata dia.

Adapun dari data kehadiran saat itu, tercatat 38 anak Balita, 11 anak stunting dan 7 ibu hamil yang mendapatkan pelayanan kesehatan.

Hal yang sama juga disampaikan Bidan Desa Sumbersari Yeni Widayati, S.St., bahwa kegiatan tersebut memberikan imbauan, agar warga yang memiliki Balita, utamanya ibu hamil untuk secara rutin datang ke Posyandu, maupun ke Puskesmas terdekat, guna mengetahui perkembangan kesehatannya.

“Disamping kegiatan penimbangan Balita, kami juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang mempunyai Balita untuk imunisasi lengkap, guna menjaga kekebalan tubuh Balita serta sebagai upaya pencegahan stunting pada anak dapat diminimalisir,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *