Babinsa Munder Bersama Kelompok Tani “Mulyo Tani” Melakukan Kerja Bakti Pembersihan Irigasi

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Babinsa Munder Koramil 0821/11 Yosowilangun Serda Yulianto, mengambil bagian dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya dengan melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian. bersama kelompok tani “Mulyo Tani” melakukan kerja bakti pembersihan saluran irigasi sepanjang 150 meter. Dusun Margomulyo Desa Munder Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (4/4/2024).

Menyoroti pentingnya kerja bakti tersebut untuk menjaga ketersediaan air bagi pertanian, dalam upaya menjaga kelancaran aliran air yang merupakan faktor krusial dalam produktivitas pertanian, Serda Yulianto dan anggota kelompok tani bekerja keras membersihkan saluran tersebut dari rerumputan liar, endapan tanah, sampah, dan hambatan lainnya.

“Ini merupakan wujud mendukung ketahanan pangan di wilayah. Dengan kegiatan membersihkan saluran ini, karena mulai dangkal dikarenakan banyak rerumputan liar, endapan tanah, dan sampah ataupun lainnya. Harapannya supaya air bisa mengalir dengan lancar,” kata Serda Yulianto.

Ketua Kelompok Tani “Mulyo Tani” Mabrur, menyambut baik kehadiran Babinsa dan partisipasinya dalam kegiatan tersebut. Kerja bakti bukan hanya sekadar membersihkan saluran irigasi, tetapi juga memperkuat hubungan antara Babinsa, kelompok tani, dan masyarakat petani.

“Kami sangat mengapresiasi peran Babinsa dalam upaya menjaga dan meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah kami. Ini adalah contoh kolaborasi yang positif antara aparat dan masyarakat, semangat gotong-royong dan kerjasama yang terjalin diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan hasil panen dan kesejahteraan petani di Desa Munder serta wilayah sekitarnya,” ujarnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *