Artikel : Sinau Bareng

Tema : Beberapa Cara Mengatasi Masalah Hidup Menurut Pandangan Islam

Arikel371 Views

Penulis : M. BUDI HANDARTO Eks Pondok Modern Gontor Ponorogo 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para pembaca Link Sinau Bareng yang dimuliakan Allah dimana saja berada, untuk edisi hari senen (03-07-2023) , penulis ingin menyajikan satu tema Tentang beberapa cara untuk mengatasi masalah dalam hidup menurut pandangan Islam, diharapkan dapat memberikan nilai maslahat manfaat dan menjadi sebuah pencerahan.

Para pembaca link sinau bareng yang di muliakan Allah satu fenomena yang umum terjadi bila ada sosok hamba tertimpah masalah dalam hidup seperti orang tua pada anak,suami istri, punya masalah dengan orang lain, dan atau ragam masalah dalam hidup lainnya yang ada biasanya marah, jengkel, mencari alat pembenar,sedih, resah , golek bener dewe dan gelisah serta selalu sulit mendapat solusi atau jalan keluarnya dikarenakan ketidak pahaman dalam mengatasinya hingga berlarut dan berkepanjangan dalam resah juga gelisah bahkan tidak sedikit yang salah bersikap dengan mengambil solusi pintas seperti bermabuk ria dan berbuat maksiat lainnya, akhirnya bukan solusi yang didapat tapi justru kesesatan yang sangat dimurkai oleh Allah.

Para pembaca link sinau bareng yang di muliakan oleh Allah memang kondisi seperti itulah yang diskenariokan oleh kepada anak cucu Adam yang berhasil disesatkan, oleh karena itu kita harus hati-hati,arif dan penuh bijak untuk mengatasi masalah dalam hidup.

Menurut pandangan Islam ada beberapa cara untuk mengatasi dalam hidup antara lain :

1. Wudhu’

Karena fungsi wudhu’tidak hanya dapat mensucikan diri dari najis dan hadas tapi bisa juga berfungsi menjadi penawar racun hati disaat marah, jengkel, resah, gelisah dan lainnya sebagaimana dijelaskan dalam salah satu firman Allah SWT yang artinya : Sesungguhnya Allah  menyukai orang-orang yang bertaubat dan yang mensucikan diri QS Al Baqarah (222).

2. Shalat

Karena dapat memberikan ketenangan pada jiwa dan pikiran,juga berfungsi membantu untuk menghilangkan dan menutup pintu penatnya dunia .QS Al Baqarah (45).

3. Membaca Al Qur’an

Karena dengan membaca Al Qur’an  akan mendapat ketentraman pikir dan hati.QS Al Baqarah (45).

Para pembaca link sinau bareng yang di muliakan Allah yang nomor

4. Do’a

Perihal ini Nabi Muhammad Saw telah mengajarkan kepada kita semua sebagai ummatnya ,bila tertimpah kesulitan dan musibah apapun jenisnya beliau selalu berdoa dengan mengucapkan ” Wahai Dzat yang hidup lagi berdiri sendiri, dengan kasih sayang MU,Saya mohon pertolongan MU.

5. Tawaqqal atau berserah diri kepada Allah SWT

sebagaimana firmanNYA yang artinya :  ” Barang siapa yang bertawaqqal kepada Allah, Niscaya Allah akan mencukupkan  (keperluan)nya.QS ATH THALAAG (3). sedekah, perihal perintah bersedekah dalam Al Qur’an banyak ditemukan firman Allah SWT yang memerintah kita untuk bersedekah dan membelanjakan sebagian harta kita dijalan kebaikan karena manfaat sedekah itu sebenarnya akan kembali kepada diri kita juga sebagaimana yang telah diterangkan dalam QS Al Baqarah (254).

Para pembaca link sinau bareng yang di muliakan Allah dimana saja berada, demikian sekilas paparan yang bisa disampaikan oleh penulis dengan harapan dapat memberikan nilai maslahat dan sedikit pencerahan.

Bila apa yang penulis sampaikan ternilai salah,itu murni dari pribadi penulis tapi kalau ternilai benar,itu semata petunjuk dari Allah. Dan akhirnya penulis ucapkan Wassalam bil Affan, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *