Amankan Kunjungan Wakil Presiden RI, Kapolres Pasuruan Ikut Terjun Mengamankan Jalur

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin beserta Istrinya Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur (Jatim) untuk bersilaturahmi dengan Tokoh Agama hingga menghadiri agenda kegiatan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama. (22/12/2023).

Sekretariat Wakil Presiden di Jakarta menginformasikan bahwa Wapres Ma’ruf Amin berangkat dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya pada pukul 08.30 WIB menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Setelah menempuh waktu penerbangan sekitar 1 jam 20 menit, Wapres tiba di Surabaya pada pukul 09.50 WIB dan disambut oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jatim.

Didampingi Gubernur Jatim, Wapres RI beserta rombongan termasuk Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto, M.Si. dan PJU Polda Jatim menuju ke wilayah Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, dengan via jalur darat menggunakan Mobil yang dikawal ketat oleh Tim Gabungan Patwal Polisi Militer dan Satuan Lalu Lintas Polri.

Dalam hal ini, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. bersama anggota TNI melaksanakan Pengamanan di Ring 2 tepatnya di Jalan Raya Depan Pos Lantas Alun-Alun Kecamatan Bangil dan Exit Toll Sidowayah Bangil.

Di wilayah Kecamatan Bangil, selain melakukan Shalat Jumat di Masjid Jami’ Bangil, Wapres RI juga bersilaturahmi dengan para tokoh agama di kediaman Habib Abu Bakar Assegaf, dan berziarah ke makam Syarifah Khadijah yang merupakan anak dari Sultan Syarif Hidayatullah atau yang dikenal Sunan Gunung Jati, tokoh muslim yang berjasa dalam menyebarkan Islam di Cirebon, Jawa Barat.

Selesai dari berziarah, K.H. Ma’ruf Amin bersama rombongan bergerak menuju Masjid Ar-Rahman rest area Travoy KM 66A Pandaan-Malang untuk melakukan penandatanganan prasasti pembangunan masjid, yaitu dua masjid di rest area di Pandaan-Malang, dan dua masjid di rest area di Gempol-Pasuruan.

Selesai acara, Kapolres Pasuruan didampingi Kapolsek Purwosari melaksanakan Pengecekan Pos Pengamanan di rest area Toll Pandaan-Malang, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Pengecekan dilakukan guna meninjau kesiapan Pos dari Sarana dan Prasarana selama berjalannya Operasi Lilin Semeru 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di wilayah hukum Polres Pasuruan…hum/red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *