Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik Jawa Timur, Bupati Yani Persembahkan Penghargaan Untuk Pegiat Lingkungan

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, mendapat penghargaan sebagai pembina Program Kampung Iklim (Proklim) terbaik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Penghargaan ini, diberikan lantaran Bupati Yani dinilai berhasil melakukan pembinaan dalam mewujudkan keberhasilan Program Kampung Iklim di Kabupaten Gresik.

Penghargaan ini, diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jatim di Kabupaten Malang, Senin (04/09/2023).

Bupati Yani, dalam keterangannya mempersembahkan penghargaan ini kepada masyarakat Gresik yang gigih dalam upaya pelestarian lingkungan.

Sebagai informasi, hingga tahun ini terdapat 28 kampung iklim yang sudah berjalan di Kabupaten Gresik. Keberadaan kampung-kampung iklim ini, tersebar merata baik di wilayah utara, tengah, dan selatan Kabupaten Gresik.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Desa/Kelurahan hingga tingkat RT dan RW, yang peduli pada lingkungan. Penghargaan ini, adalah penghargaan untuk mereka semua,” tegas Bupati Yani setelah menerima penghargaan.

Dijelaskan, Pemkab Gresik melalui Dinas Lingkungan Hidup terus mendorong pelestarian lingkungan hingga ke tingkat RT/RW. Hal ini didukung dengan diterbitkannya SE Bupati perihal Penguatan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Kabupaten Gresik.

Berangkat dari sini, kolaborasi dan sinergi gencar dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari dunia usaha seperti PT PLN Nusantara Power, PT Pertamina Lubricants, dan PT Petrokimia Gresik. Bidang akademisi seperti Universitas Muhammadiyah Gresik, UISI, Universitas Gresik, dan Universitas Qomaruddin.

Kolaborasi dan dilakukan lintas sektor perangkat daerah terkait, serta tak ketinggalan pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan NGO/LSM/OMS.

“Dengan Proklim diharapkan bisa mendukung program Pemerintah Kabupaten Gresik, untuk menyelesaikan masalah sampah dari sumbernya, peningkatan RTH/tutupan vegetasi serta mewujudkan sirkuler ekonomi dan kemandirian masyarakat,” terang Kadis LH Kabupaten Gresik Sri Subaidah.

Disamping Bupati Fandi Akhmad Yani, beberapa sekolah dan Desa/Kelurahan di Kabupaten Gresik juga mendapatkan penghargaan dalam puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jatim tahun ini.

Total terdapat 9 sekolah yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Sekolah-sekolah tersebut di antaranya UPT SMPN 5 Gresik; UPT SDN 49 Gresik; UPT SDN 35 Gresik; UPT SDN 41 Gresik; MI Ma’arif NU Nurul Ulum Bulurejo Benjeng; UPT SDN 33 Gresik ; MI Bahrul Ulum Sekapuk; SD Yimi Full Day School; UPT SDN 29 Gresik.

Sedangkan untuk penghargaan desa/kelurahan berseri, di antaranya diberikan kepada Desa Ketanen dalam kategori pratama. Sedangkan Desa Prupuh, Desa Balongpanggang, dan Kelurahan Sidokumpul mendapat penghargaan di kategori madya. (nnd/wwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *