Program Kreatif Pemdes Kepulungan Yang Bernilai Maslahat Di Bidang Kesehatan ASMAN TOGA

Berita, Bisnis, Daerah819 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Ada dua beban hidup yang sangat menonjol yang paling dirasakan oleh warga di tiap desa terutama dari keluarga warga yang kurang beruntung di wilayah kecamatan Gempol adalah biaya pendidikan dan kesehatan sedang indikator utamanya akibat kian sempitnya ruang peluang kerja dan diperlukan kreativitas untuk menciptakan lapangan mandiri.

Dan sejak kurang lebih 2 bulan yang lalu Pemdes Kepulungan telah melaksanakan program ASMAN TOGA (Asuhan Mandiri Tanaman obat keluarga) yang juga bisa disebut Apotek Hidup adalah salah satu program kreatif di bidang kesehatan dan bernilai maslahat manfaat buat warga desa Kepulungan.

Program ASMAN TOGA di desa Kepulungan di bagi menjadi tiga kelompok dari jumlah dusun yang ada yakni di dusun Tamanan, Kabunan dan Kepulungan 1 .
Kelompok ASMAN TOGA yang ada ditiga Dusun tersebut di ikuti oleh kader PKK, Posyandu dan warga desa. Sedang penanggung jawab pelaksana program adalah PKK desa Kepulungan Pokja 3.

Pada hari selasa (29-08-2023) awak media harian merdeka post mengunjungi ASMAN TOGA kelompok KELO MONCI yang berada di dusun Kabunan desa Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dengan susunan kepengurusan sebagai berikut Penasehat Sa’adah Yulita, Ketua Sulasmiati dan sekretaris Dewi Yanti dengan jumlah anggota sebanyak 17 orang.

Pada saat sampai di area lahan ASMAN TOGA KELO MONCI (29-08-2023) jam 10.05 wib,tim media harian merdeka post menemui sal
Ketua kelompok Sulasmiati untuk meminta komentar, menjelaskan bahwa program ASMAN TOGA ini adalah program kreatif dari Pemdes Kepulungan di bidang kesehatan dimana dasar dan tujuan utamanya adalah kalau ada warga yang sakit bisa memanfaatkan tanaman nabati yang ada, jadi tidak perlu terlalu gopoh dibawa ke dokter lebih dulu perihal ini sangat sesuai dengan beberapa keterangan ayat yang termaktub dalam Al Qur’an , dan juga dapat meringankan beban biaya pengobatan bagi warga desa Kepulungan itu sendiri, serta disamping itu dapat memanfaatkan lahan sebagai apotek hidup dan lahan penghijauan. Tuturnya!!. ( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *